Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Tol Cibubur II

pintu tol yang dikenakan aturan ganjil-genap adalah Pintu Tol Cibubur II yang kapasitasnya paling melebihi batasan yang ditetapkan.

Ganjil Genap Akan Diberlakukan di Tol Cibubur II
alex suban/alx
Kendaraan antre memasuki jalan tol di pintu tol Cibubur menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/12/2012). PT Jasa Marga juga memasang pengumuman penutupan jalan kawasan wisata Puncak pada malam tahun baru mulai Senin (31/12/2012) pukul 18.00 sampai pukul 06.00 Selasa (1/1/2013). (Warta Kota/Alex Suban)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hanya dua dari tiga paket kebijakan pengurai kemacetan yang akan diterapkan di Tol Jagorawi mengarah ke Jakarta.

Dua aturan tersebut adalah ganjil-genap dan lajur khusus bus, sedangkan aturan batasan truk sumbu III, IV dan V tidak diterapkan.

Kepala Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menjelaskan putusan tersebut karena di Tol Jagorawi volume truk tidak terlalu banyak.

Namun, BPTJ akan meminta kepada para perusahaan bus untuk menahan operasi truk mereka dari pukul 06.00 hingga pukul 09.00.

"Kalau di Jagorawi di Cibubur itu truk gak banyak, paling nanti kami minta jam padat pagi jangan lewat dulu," kata Bambang saat ditemui di kawasan Slipi, Jakarta, Kamis (5/3/2018).

Lalu untuk pintu tol yang dikenakan aturan ganjil-genap adalah Pintu Tol Cibubur II yang kapasitasnya paling melebihi batasan yang ditetapkan.

Di Tol Cibubur II, volume kendarannya seharusya 7.799 tetapi saat ini volume lalu lintas hariannya mencapai 34.278 kendaraan.

Kemudian di Tol Jagorawi juga akan diberlakukan lajur khusus kendaraan umum (LKAU) yang berlaku dari Bogor hingga Pasar Rebo.

"Lajurnya sama seperti di Cikampek, di Lajur 1 disamping bahu jalan," tutur Bambang.

Sama seperti di Tol Cikampek, dua aturan yang diberlakukan di Tol Jagorawi juga hanya diterapkan pada pukul 06.00 hingga pukul 09.00.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved