Jasa Marga Klaim Penerapan Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat dan Timur Berjalan Efektif

"Sampai saat ini masih terus dievaluasi, sampai saat ini masih belum karena dilihat dua gerbang ini cukup efektif," ucap Irwansyah

Jasa Marga Klaim Penerapan Ganjil Genap di Tol Bekasi Barat dan Timur Berjalan Efektif
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Penerapan aturan ganjil genap di ruas tol Jakarta Cikampek Gerbang Tol Bekasi Barat, Selasa (3/4/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Sebulan pemberlakuan aturan ganjil genap di ruas gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur ternyata cukup efektif.

Jasa Marga memastikan efektivitas di dalam ruas Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta itu terlihat dari kecepatan kendaraan rata-rata mencapai 60 sampai 70 kilometer per jam.

"Dalam sebulan ini kendaraan operasional yang beban berat dapat kita atasi sekitar pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Lajur yang ada di Jakarta-Cikampek alhamdulillah bisa V Ratio-nya bisa kita capai di bawa 0,9 dan kecepatan rata-rata yang kita inginkan tadinya 45 kilometer per jam sekarang sudah bisa di up sekitar 60 sampai 70 kilometer per jam," kata Humas Jasa Marga Cabang Tol Jakarta Cikampek, Irwansyah, Kamis (12/4/2018).

Baca: Pengemudi Ertiga yang Ludahi Anggota Polantas Minta Maaf dan Minta Dicabut Laporannya

Efektivitas penerapan ganjil genap di gerbang tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur untuk mengurai kemacetan akan terus dievaluasi dan Jasa Marga masih belum perlu mengagendakan aturan serupa di ruas gerbang tol lain.

"Sampai saat ini masih terus dievaluasi, sampai saat ini masih belum karena dilihat dua gerbang ini cukup efektif," ucap Irwansyah.

Paket kebijakan green line di antaranya aturan ganjil genap, pembatasan kendaraan angkutan barang dan pembuatan jalur khusus bus juga memiliki andil yang cukup besar untuk mengurai kemacetan di ruas tol Jakarta Cikampek.

"Tapi yang lebih efektif lagi yaitu dengan pemberlakuannya jam-jam operasional kendaraan berat," kata Irwansyah.

Baca: Setelah menerima Mandat, Prabowo akan Bersafari Politik dan menemui Tokoh Agama

Untuk pembatasan kendaraan angkutan berat sendiri diberlakukan secara dua lajur baik ke arah Jakarta maupun sebaliknya, diterapkan mulai dari Karawang Barat sampai Cawang, pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Sedangkan lajur khusus bus diterapkan mulai dari Bekasi Timur hingga Cawang.

"Selama ini kita, petugas patroli Jasa Marga atau patroli dari kepolisian terus memantau jalur-jalur khusus bus ini. Diharuskan memang tetap steril tapi memang banyak mobil lewat. Tapi selama ini sih efektivitasnya bagus untuk jalur-jalur tersebut," jelas Irwansyah.

Jasa Marga mengimbau masyarakat lebih taat dengan peraturan yang ada, yang telah dibuat oleh pemerintah.

Penulis: Yusuf Bachtiar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Penerapan Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timur Cukup Efektif

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved