Mudik Lebaran 2018

Tips Singkat untuk Mudik dari Komisioner KPAI

"Pertama, harus aman. Aman dari sisi kendaraan yang digunakan kemudian aman dari sisi penumpang," ujarnya, Kamis (7/6/2018).

Tips Singkat untuk Mudik dari Komisioner KPAI
Chaerul Umam
KPAI 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mudik merupakan tradisi yang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia setiap tahun. Namun mudik juga tak terlepas dari beberapa permasalahan yang tak sedikit anak menjadi korban.

Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty, menjelaskan 5 tips singkat mudik yang dapat mendorong mudik ramah anak.

"Pertama, harus aman. Aman dari sisi kendaraan yang digunakan kemudian aman dari sisi penumpang," ujarnya, Kamis (7/6/2018).

Selanjutnya, "Yang kedua, nyaman dari sisi situasi dan kondisi kemudian tidak terlalu berdesakan dan nyaman juga bagi orang untuk memperhatikan kebutuhan-kebutuham dasarnya, jadi kalau di bus dia bisa cari tempat yang nyaman kemudian jika anak itu cenderung setiap dua jam sekali ada kekosongan lambung jadi harus ada makanan yang disiapkan."

Ketiga, pemudik harus siap terhadap situasi-situasi yang mendadak sulit, misalnya kemungkinan keterlambatan kendaraan. Kalau telat jangan sampai orang tua melampiaskan kemarahan kepada anak karena jengkel dan jika situasi darurat seperti anak tiba-tiba sakit perlu disediakan obat-obatan," kata Sitti yang menjabat Komisioner KPAI Bidang Kesehatan.

"Yang keempat menghindari situasi-situasi yang kemungkinan berbahaya jadi artinya kita harus aktif mencari informasi, sekarang ini siaran radio menjelaskan kondisi terkini lalu lintas."

Dan yang kelima, dia menambahkan, "Apabila ada penyandang disabilitas harus disiapkan juga mudik yang bersifat mandiri, penyandang disabilitas ini diupayakan untuk tidak mendapatkan beban tambahan maka harus dikondisikan untuk mandiri seperti fasilitas yang menunjang bagi penyandang disabilitas."

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved