Breaking News:

Rupiah Melemah

Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa di Tangerang, Minta Pemerintah Bertindak Cepat soal Pelemahan Rupiah

Mereka yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini berunjuk rasa mengungkap penyebab nilai rupiah yang kian melemah

Warta Kota/Andika Panduwinata
Puluhan mahasiswa menggelar aksi demontrasi di Tugu Adipura, Jalan M. Yamin, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang pada Kamis (6/9/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN - Puluhan mahasiswa menggelar aksi demontrasi di Tugu Adipura, Jalan M. Yamin, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang pada Kamis (6/9/2018).

Mereka yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini berunjuk rasa mengungkap penyebab nilai rupiah yang kian melemah.

Baca: Imbas Pelemahan Rupiah, Impor Mobil Mewah Dihentikan

Ketua HMI Cabang Tangerang, Abdul Kodir menjelaskan melemahnya nilai tukar rupiah disebabkan dari faktor internal dan eksternal.

Sehingga mengakibatkan harga kebutuhan pokok meningkat.

"Faktor internal yang terjadi yakni produk domestik bruto (PDB) yang menurun, ekspor Indonesia yang rendah, tingginya impor, dan gejolak politik yang terjadi di Indonesia," kata Abdul.

Abdul menambahkan, sedangkan untuk eksternal diakibatkan oleh terjadinya krisis di Amerika Serikat.

Sehingga pemerintah Amerika Serikat menaikkan suku bunga dan pertarungan pasar ekonomi antara Cina dan Amerika Serikat.

"Dengan semakin lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat, maka harga sembako semakin tinggi. Akhirnya mengakibatkan krisis moneter," paparnya.

Baca: Ikut Senang Ahok Mau Nikah Lagi, Haji Lulung: Biar Ada yang Ngurusin

Melihat kondisi seperti ini, Abdul Kodir mengharapkan agar pemerintah bertindak dengan cepat untuk menstabilkan nilai tukar rupiah.

Dan turunkan harga sembako, tingkatkan PDB dengan memanfaatkan produk dalam negeri, serta memerdekakan Indonesia dari ketergantungan terhadap negara asing.

Penulis: Andika Panduwinata

Berita ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Mahasiswa Unjuk Rasa Ungkap Penyebab Rupiah yang Kian Melemah

Sumber: Warta Kota
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved