Breaking News:

Banjir di Kalimalang Terjadi Akibat Mesin Pompa Air yang Rusak

Yudianto mengatakan, mesin pompa yang berada di bawa kolong tol JORR Kalimalang mengalami masalah teknis

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Banjir di Jalan KH Noer Ali tepatnya di kolong tol JORR Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi, Yudianto mengungkapkan penyebab banjir di Jalan KH Noer Ali jalur Kalimalang, tepatnya di bawah kolong Tol JORR, akibat mesin Pompa Sedot air mengalami masalah teknis hingga tidak berfungsi ketiak air mulai menggenangi jalan.

Yudianto mengatakan, mesin pompa yang berada di bawa kolong tol JORR Kalimalang mengalami masalah teknis akibat belum lama ini pihaknya baru melakuka peningkatan kapasitas mesin.

Baca: Ini Dia 8 Tips Aman Terjang Banjir Gunakan Mobil

"Ini sebenarnya baru kita tingkatkan kapasitas mesinnya, tapi memang belum di uji coba ternyata pas ada hujan mesinnya malah tidak berfungsi," kata Yudianto saat di jumpai usai mengecek mesin pompa di bawah kolong Tol JORR Kalimalang, Selasa (30/10/2018).

Baca: Marahi Pemilik Akun Diduga Hina Agama, Deddy Corbuzier: Jangan Pikir Anda Bisa Bebas!

Menurut Yudianto, mesin pompa air di Kalimalang tersebut memiliki kapasitas penyedotan sebesar 80 liter per detik, lalu pihaknya mencoba meningkatkan kapsitas menjadi 150 liter per detik.

"Kalau mesinnya berfungsi enggak mungkin akan banjir seperti ini, saat ini juga kita upayakan melakukan perbaikan secara cepat agar mesin pompanya dapat berfungsi," kata Yudianto.

Sementara ini, Yudianto menerjunkan satu unit mobil mesin pompa air untuk mempercepat penanganan banjir di jalur Kalimalang kolong Tol JORR.

Baca: Petugas Jaga Pintu Air Kalimalang Temukan Mayat tanpa Identitas

"Kalau pakai mobil pompa air ini penanganan paling lama sekitar 30 menit asal tidak hujan lagi, tapi kita upayakan tim kami melakukan perbaikan mesin pompa agar segera berfungsi," kata Yudianto.

Selain itu kata Yudianto, sistem drainase di jalur kalimalang tidak berfungsi secara maksimal, ditambah jalur Kalimalang kolong Tol JORR memiliki kontur tanah yang rendah sehingga air mudah mengenang di jalur tersebut.

Penulis: Yusuf Bachtiar

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Penyebab Banjir di Kalimalang Akibat Mesin Pompa Air Mati

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved