Breaking News:

Cerita Penyelam TNI AL yang Mengangkut Black Box dari Dasar Laut Perairan Karawang

Pencarian black box pesawat Lion Air PK-LQP di hari keempat Kamis (1/11/2018), akhirnya membuahkan hasil.

Tribun Jakarta
Sertu Marinir Hendra Syahputra (kanan) penyelam dari Satuan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir TNI Angkatan Laut yang berhasil mengangkat black box pesawat Lion Air PK-LQP dari dalam lumpur di dasar laut perairan Karawang, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM,  KARAWANG - Pencarian black box pesawat Lion Air PK-LQP di hari keempat Kamis (1/11/2018), akhirnya membuahkan hasil.

Sekiranya pukul 09.31 WIB, black box tersebut berhasil diangkat keatas Kapal Baruna Jaya 01 oleh dua orang penyelam TNI Angkatan Laut.

Dua penyelam tersebut adalah Sertu Marinir Hendra Syahputra dan Kopda Marinir Noor Ali dari Satuan Batalyon Intai Amfibi 1 Marinir TNI Angkatan Laut.

Dijumpai awak media, Sertu Marinir Hendra menceritakan detik-detik pengangkatan black box tersebut dari kedalaman 25 hingga 32 meter di dasar laut perairan Karawang, Jawa Barat.

Baca: Black Box Lion Air JT 610 Ditemukan, Harus Lalui Proses Sebelum Isinya Dibongkar, Simak Tahapannya

Sebelum menyelam, Hendra mengatakan signal black box tersebut terdeteksi alat ROV milik BPPT yang berada di Kapal Baruna Jaya 01.

Setelah mendapatkan koordinat area, Hendra dan Noor Ali pun menyelam ke dasar laut membawa alat pendeteksi signal black box yang dipinjamkan oleh BPPT

Menyelam sedalam 25 hingga 32 meter, sinyal black box tersebut semakin kuat terpancar dari dalam lumpur di dasar laut.

"Jadi kami sempat terhambat arus yang cukup kencang, untuk menggali black box tersebut yang berada di dalam lumpur," ucap Hendra di Kapal Baruna Jaya 01.

Berjibaku menggali lumpur di dasar laut, akhirnya Hendra melihat black box tersebut sendiri di depan kedua matanya.

Tanpa pikir panjang, Hendra pun mengambil black box tersebut dan berenang ke permukaan bersama Noor Ali untuk memberikan black box tersebut ke personil yang ada di atas Kapal Baruna Jaya 01.

Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved