Breaking News:

Hindari Kepadatan, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Susun Cikunir

Simpang Susun Cikunir mempertemukan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Lingkar Luar Jakarta.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ilustrasi rekayasa lalu lintas. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Sudarmanto, menyiapkan rekayasa lalu lintas di KM 10 tepatnya di Simpang Susun Cikunir yang mengarah ke Tol Jakarta-Cikampek.

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Sudarmanto, mengatakan langkah itu untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaraan dalam arus mudik Libur Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Simpang Susun Cikunir mempertemukan Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Lingkar Luar Jakarta.

Maka, apabila ada kepadatan lalu lintas di sana, kendaraan dari arah Jakasampurna yang belok ke arah Cikampek akan diluruskan menuju Pondok Kopi namun bersifat situasional.

"Kami luruskan yang arus dari Jakasampurna turun ke Cikunir itu kita luruskan ke arah Pondok Kopi keluar dan masuk tol kembali di Kalimalang," ujar Sudarmanto saat dikonfirmasi, Sabtu (22/12/2018).

Baca: Polda Metro Jaya Prediksi Malam Ini Puncak Arus Mudik

Sudarmanto mengakui pihaknya belajar dari arus mudik Idul Fitri 2018 lalu. Saat itu kawasan tersebut terjadi kepadatan lalu lintas.

Meski begitu, ia mengatakan tidak akan ada rekayasa lalin untuk arus lalu lintas dari arah tol dalam Kota, terlebih dari arah Cawang menuju Cikampek.

“Karena kita belajar pengalaman Idul Fitri, jadi kami tidak mau nanti terjebak ada suatu stagnan trouble spot yang luar biasa sehingga menjadi komoditas. Prioritas kita adalah dari Cawang atau Semanggi. Kalau dari Cawang lurus ke arah cikampek itu tetap ngacir terus, enggak ada masalah," ungkap Sudarmanto.

Adanya penghentian sementara proyek pembangunan di jalan tol KM 10 yang kerap menghambat laju kendaraan karena libur Natal dan Tahun Baru dirasa cukup membantu mengurangi kepadatan di sana.

Namun, kepadatan diprediksi masih bisa terjadi di sana karena adanya titik pertemuan antar tol di sana yaitu dari arah Jakasampurna, tol dari Pondok Kopi, kemudian tol dari dalam kota.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved