Tersangka Diduga Lalai saat Mengelas Sehingga Picu Kebakaran Kapal Nelayan di Muara Baru

Egi sudah bekerja sebagai tukang las di sebuah perusahaan ilegal dengan mandor bernama Wilis Susanto (35), yang juga ditetapkan sebagai tersangka

Tersangka Diduga Lalai saat Mengelas Sehingga Picu Kebakaran Kapal Nelayan di Muara Baru
WARTA KOTA
Asap tebal mengepul dari kapal-kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019). Hingga pukul 18.30 api masih terlihat membakar beberapa kapal, meski begitu proses pemadaman masih dilakukan, di tengah angin yang kencang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi menetapkan tersangka terkait kasus kebakaran puluhan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara yang terjadi pada Sabtu pekan lalu.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi dilanjutkan dengan gelar perkara yang dilakukan pihak kepolisian, api diketahui berasal dari percikan elektrik dari aktivitas pengelasan tersebut.

Baca: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kebakaran Kapal di Muara Baru

"Jadi penyebabnya itu sisa-sisa elektroda las yang mengenai fiber. Jadi bukan pada saat ngelas terbakar, bukan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Sabtu (2/3/2019).

Argo menjelaskan, percikan elektrik dari aktivitas pengelasan menyebar ke ruang mesin kapal Arta Mina Jaya yang berbahan fiber dan kayu.

Ruangan itu dipenuhi bahan-bahan yang mudah terbakar (flammable), sehingga percikan elektrik perlahan menyulutkan api ke seisi ruangan.

"Penyebabnya itu tersulutnya fiber dan bahan-bahan yang mudah terbakar. Kebetulan di ruang mesin itu ada sisa-sisa oli solar dan sebagainya. Bahan-bahan yang mudah terbakar, flammable," kata Argo.

Saat itu, kapal Arta Mina Jaya tengah disandarkan di Dermaga Barat PPSNZ Muara Baru, yang kondisinya sedang dipenuhi kapal lainnya yang juga sedang sandar.

Menurut Argo, kapal-kapal di sana diikatkan satu dengan yang lainnya ketika sedang sandar.

Kebakaran mulai merentet ke kapal lainnya ketika tali kapal Arta Mina Jaya putus karena terbakar api.

Baca: Menilik Pesta Mewah Pernikahan Reino Barack dan Syahrini, Dibocorkan Vendor

Baca: Mbak You Sebut Syahrini Tak Rebut Reino Barack dari Luna Maya: Karena Ada Kesempatan

Hal itu pun membuat kapal Arta Mina Jaya lepas dari posisi sandar dan mulai terbawa angin dan arus secara tak beraturan.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved