MRT Sediakan Satu Kabin Kereta Khusus Penumpang Wanita di Jam-jam Sibuk

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin memgatakan gerbong khusus ini nantinya ada di kereta pertama.

MRT Sediakan Satu Kabin Kereta Khusus Penumpang Wanita di Jam-jam Sibuk
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Suasana kabin kereta MRT saat diujicoba untuk fase I Bundaran HI - Lebak Bulus, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta menyediakan kereta khusus untuk wanita demi mencegah kasus pelecehan seksual yang biasa terjadi di angkutan massal.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin memgatakan gerbong khusus ini nantinya ada di kereta pertama.

"Women only. Akan ada satu unit kereta yang akan kita manfaatkan, kita tempelkan stiker untuk wanita," ujar Kamaluddin, Selasa (12/3/2019).

Namun gerbong khusus hanya berlaku pada jam sibuk saja yakni pukul 07.00 - 09.00 WIB dan pukul 17.00 - 19.00 WIB.

Alasan gerbong khusus wanita hanya pada jam tertentu, sebab penumpang Kereta MRT tak sepadat penumpang Kereta Rel Listrik (KRL). "Kan tidak perlu ekslusif. Karena didalam masih lega juga berbeda dengan KRL," ucap Kamaluddin. 

Baca: Penemuan Mayat Bayi di Perumahan Urbana Place Ciputat, Polisi Ringkus Satu Tersangka

Kabin khusus ini diinisiasi berkat survei terbuka dan membuahkan hasil 58 persen menyebut gerbong khusus sangat perlu diadakan.

"Kita sudah lakukan survei dan dari survei itu 42 persen mengatakan tidak setuju ada gerbong wanita dan 58 persen setuju. Kemudian kita lihat negara lain seperti Tokyo itu juga menerapkan pada jam sibuk yang jumlah penumpang sangat banyak didedikasikan gerbong perempuan pada jam sibuk," kata William.

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved