Banjir Luapan Sungai Ciliwung Bikin 11 Rumah Warga di Balekambang Rusak

"Total rumah warga Balekambang yang rusak terdampak banjir kemarin ada 11. Tujuh rumah di RW 05 dan empat rumah di RW 01," kata Mintarsih

Banjir Luapan Sungai Ciliwung Bikin 11 Rumah Warga di Balekambang Rusak
TribunJakarta.com/Bima Putra
Pemukiman warga di RW 05 Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (29/4/2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah bangunan rumah rusak akibat diterjang banjir yang datang dari luapan Sungai Ciliwung di dua RW di Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jumat (26/4/2019).

Lurah Balekambang Mintarsih mengatakan ada empat rumah warga di RW 01 dan tujuh di RW 05 mengalami kerusakan dihantam banjir dengan ketinggian lebih dari dua meter.

Baca: Banjir yang Menerjang Wilayah Kesamben Jawa Timur Lumpuhkan Jalur Alternatif Jombang-Mojokerto

"Total rumah warga Balekambang yang rusak terdampak banjir kemarin ada 11. Tujuh rumah di RW 05 dan empat rumah di RW 01," kata Mintarsih di Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019).

Jumlah tersebut merupakan hasil pendataan pihak Kelurahan Balekambang sejak Ciliwung meluap pada Jumat hingga Senin (29/4/2019) lalu.

Mintarsih menuturkan jenis kerusakan rumah yang paling banyak dialami warganya yakni pintu dan jendela, sementara yang terparah atap hanyut.

"Paling parah yang atapnya hanyut. Untuk di RW 01 itu kerusakannya dinding rusak, dinding roboh, dan keramik amblas. Rumahnya di RT 08 dan RT 01," ujarnya.

Perihal perbaikan, Mintarsih menyebut Kelurahan Balekambang bakal mengajukan bantuan ke Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh (Baziz).

Baca: Mantan Tentara yang Culik 6 Bocah Diringkus, Foto dan Video Penangkapannya Viral di FB

Selain perbaikan rumah warga yang rusak, Mintarsih menyebut yang jadi fokus adalah mencegah warganya terjangkit penyakit.

"Dari Puskesmas sudah memberikan karbolisasi untuk membunuh kuman. Kalau penyemprotan karbolisasi belum, rencananya hari Jumat," tuturnya.

Warga Balekambang yang kerusakan rumahnya paling parah yakni kediaman pasangan Husaini (50) dan Irda Yunita (34) karena berjarak hanya sekitar lima meter dari Sungai Ciliwung.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved