Mortir Peninggalan Perang Kemerdekaan Ditemukan di Pulau Untung Jawa

Mortir ditemukan di lapangan voli RT 002/RW 03, Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu,

Laporan Wartawan Wartakota, Junianto Hamonangan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mortir ditemukan di lapangan voli RT 002/RW 03, Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, Minggu (5/5/2019) sekira pukul 09.30 WIB.

Mortir tersebut diduga peninggalan zaman perang kemerdekaan.

Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan, AKP Bambang Budi Hastono mengatakan mortir yang ditemukan masih dalam keadaan aktif. Diduga mortir yang digunakan pada zaman perang kemerdekaan itu tidak meledak sesuai harapan.

“Pada saat dijatuhkan dari pesawat itu tidak meledak, hanya kena pasir dan jatuhnya nggak tepat. Mortir bekas jaman dulu Belanda Jepang dan masih aktif,” katanya, Minggu (5/5/2019).

Menurut Bambang, mortir yang ditemukan itu memiliki bobot yang sangat berat. Sehingga pihaknya membutuhkan bantuan beberapa orang anggota Polisi untuk melakukan proses evakuasi mortir tersebut.

Baca: Warga: Terduga Teroris di Bekasi Sangat Tertutup dan Baru Seminggu Mengontrak di Kios Kosong

“Di mortir nggak ada keterangan lebih, cuma beratnya itu hampir satu ton mas, diperkirakan 800 kilogram. Butuh 10 orang ngangkut itu,” ucapnya.

Adapun mortir tersebut akan dievakuasi ke Detasemen Gegana Polda Metro Jaya di Petamburan, Jakarta Barat. Beberapa personel Gegana juga sudah di Pulau Untung Jawa untuk melakukan proses evakuasi.

“Posisi mortir masih di sana (Pulau Untung Jawa) mas. Nanti rencananya akan tiba di (dermaga) Marina pukul 17.00 WIB,” ungkap Bambang.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Mortir Zaman Perang Kemerdekaan Ditemukan di Pulau Untung Jawa

Editor: Sanusi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved