Polisi Cokok Pembobol ATM yang Menggunakan Pahat

Polisi menangkap tiga orang pelaku pembobolan sembilan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang kerap beraksi di Jakarta Selatan

Polisi Cokok Pembobol ATM yang Menggunakan Pahat
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polisi menangkap tiga orang pelaku pembobolan sembilan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang kerap beraksi di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Para pelaku yang ditangkap diantaranya adalah DS alias Dedi, 28, A alias Wan, 28 dan J alias Manda, 25.

"Pelaku ditangkap di dua lokasi, yakni di Jalan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dan di Jalan Raya Saleh, Cikupa, Tangerang," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Jumat (21/6/2019).

Argo menjelaskan pihaknya mula-mula berhasil meringkus tersangka berinisial A
di lokasi penangkapan pertama yakni Kalideres, Jakarta Barat pada Senin, 17 Juni 2019 pukul 02.00 WIB.
Pengembangan dari A, polisi menangkap tersangka J di lokasi dan hari yang sama pukul 02.30 WIB.

Kemudian, tersangka A dan J diinterogasi. Hasil pemeriksaan, diketahui tersangka DS berada di Cikupa, Tangerang.

"Dihari yang sama, kita ke lokasi dan menangkap DS di kediamannya,pukul 03.30 WIB," tutur Argo.

Ketiga tersangka dan barang bukti dibawa ke Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, guna penyelidikan lebih lanjut. Sejumlah barang bukti yang diamankan di antaranya, kartu ATM BNI, BRI, dompet, KTP, topi warna hitam, pahat, handphone, SIM A dan SIM C.

Setelah polisi melakukan pemeriksaan, diketahui peran dari masing-masing tersangka. DS berperan melakukan transaksi penarikan uang tunai pada mesin ATM BNI dengan mencongkel dan mengganjal lubang tempat keluar uang menggunakan pahat.

Kemudian, tersangka A berperan ikut bersama DS untuk melakukan transaksi pada mesin ATM dengan mengambil paksa. Ia bertugas mengawasi keadaan sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Sementara tersangka J berperan sebagai penyedia kendaraan yang dinaikkan oleh para pelaku. J yang menyopiri kendaraan untuk mengantarkan DS dan A ke lokasi-lokasi ATM yang menjadi target.

Halaman
12
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved