Bukan ke Destinasi Wisata, Siswa SMP Ini Gelar Studi Tour ke TPST Bantar Gebang

Siswa yang mengikuti study tour ini berasal dari empat sekolah di Jakarta Utara yakni SMPN 279, SMPN 152, SMPN 54 dan SMPN 129.

Bukan ke Destinasi Wisata, Siswa SMP Ini Gelar Studi Tour ke TPST Bantar Gebang
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Kegiatan study tour sejumlah pelajar SMP di Jakarta Utara ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Puluhan pelajar SMP di Jakarta Utara mengikuti rangkaian study tour ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/6./2019).

Kegiatan itu digelar untuk memberi tahu proses penanganan sampah.

Rombongan para pelajar SMP tersebut berangkat dari titik start di Halaman Balai Yos Sudarso, Kantor Wali Kota Jakarta Utara dengan menggunakan bus menuju TPST Bantar Gebang.

Petugas Pendamping dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Fani mengatakan puluhan siswa yang berangkat berasal dari empat sekolah di Jakarta Utara yakni SMPN 279, SMPN 152, SMPN 54 dan SMPN 129.

“Hari ini sudah yang ke 11 kali dan diikuti oleh 40 pelajar SMP,” ungkap Fani, Selasa (25/6/2019).

Fank mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara. 

Baca: Cerita Lengkap Aksi Bejat Jaka, Karena Dibakar Api Cemburu Tega Cekik Tunangannya Hingga Tewas

“Setibanya di sana rombongan keliling melihat proses pemilahan sampah, pembuatan komposting bahkan naik ke gunung sampah. Mereka mendapatkan tambahan informasi dari narasumber tentang pengolahan sampah,” Fani. 

Baca: Fakta-fakta Kejahatan Asusila 3 Guru SMP di Serang Cabuli 3 Siswinya, Korban Hamil 21 Minggu

Kegiatan serupa akan terus dilakukan untuk memberikan edukasi kepada para pelajar perihal pengolahan sampah. Sehingga mereka dapat pengetahuan lain di luar kegiatan belajar di sekolah.

"Tahun ini, ada 23 kali perjalanan study tour ke TPST Bantar Gebang. Dijadwalkan, study tour akan berlangsung hingga bulan Agustus mendatang dengan peserta dari pelajar SD, SMP dan SMA di Jakarta Utara,” katanya.

Baca: AirAsia Tambah 5 Rute Penerbangan Domestik, Harga Promo Jakarta-Lombok Rp 600 Ribuan

Seorang pelajar peserta study tour, Aulia, mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Pasalnya ia memperoleh pengetahuan lain tentang pengolahan sampah sembari rekreasi dan jalan-jalan.

“Senang sekali saya dan teman-teman bisa ikut study tour ke TPST Bantar Gebang, jadi bisa menambah pengalaman dengan melihat langsung proses pengolahan sampah,” ujar pelajar SMPN 279 itu. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Studi Tour Siswa SMP Ini Bukan Ke Lokasi Wisata, Tapi ke TPST Bantar Gebang

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved