Masjid Istiqlal Siapkan 5 Ribu Besek Bambu untuk Daging Kurban

Pihak Istiqlal telah memesan 5 ribu besek bambu dari daerah Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat untuk membungkus daging kurban.

Masjid Istiqlal Siapkan 5 Ribu Besek Bambu untuk Daging Kurban
(WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI)
Contoh besek yang dianjurkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk dipakai saat pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pihak panitia penyelenggara kurban di Masjid Istiqlal bakal menggunakan wadah besek bambu untuk daging kurban pada Idul Adha tahun ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, mengatakan pihaknya mengikuti himbauan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk menggunakan besek yang dinilai ramah lingkungan ini.

Pihak Istiqlal telah memesan 5 ribu besek bambu dari daerah Rajapolah, Tasikmalaya, Jawa Barat untuk membungkus daging kurban.

"Kami ikuti anjuran gubernur. Kami sudah pesan besek sekitar lima ribu dari Tasikmalaya, dari Rajapolah," ujar Abu Hurairah saat dihubungi Tribunnews.com, Sabtu (9/8/2019).

Baca: Ditinggal Pemilik, Sebuah Rumah di Takalar Ludes Terbakar

Namun pihak Istiqlal juga sudah mempersiapkan plastik ramah lingkungan, jika besek bambu tidak cukup menampung jumlah daging kurban.

Pada tahun lalu, Masjid Istiqlal menyalurkan daging kurban hingga 6 ribu bungkus.

"Kalau seandainya tidak cukup, kami kan tiap tahun menggunakan plastik ramah lingkungan, yang dibuat dari bambu bahan bakunya. Gampang larut itu karena memang sudah sesuai dengan ramah lingkungan plastiknya," ujar Abu Hurairah.

Baca: Kebakaran Rumah di Kemayoran, 20 Mobil Damkar Dikerahkan

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta mengimbau masyarakat tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai (PSP) sebagai wadah daging kurban, pada Hari Raya Idul Adha nanti.

Pemprov mengimbau masyarakat serta penyelenggara kurban menggunakan besek bambu karena dinilai lebih ramah lingkungan. Wadah ini lebih mudah untuk didaur ulang.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved