Idul Adha 2019

Sejak Dua Tahun Lalu Masjid Agung Al Azhar Gunakan Plastik Ramah Lingkungan Bungkus Daging Kurban

Masjid Agung Al Azhar menggunakan plastik ramah lingkungan yang mudah terurai untuk mengemas daging kurban tersebut sejak dua tahun lalu.

Sejak Dua Tahun Lalu Masjid Agung Al Azhar Gunakan Plastik Ramah Lingkungan Bungkus Daging Kurban
Tribunnews.com/Gita Irawan
Tumpukan bungkusan plastik ramah lingkungan berisi daging hewan kurban di area pemotongan hewan kurban Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan pada Minggu (11/8/2019). Tribunnews.com/Gita Irawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petugas kesehatan hewan dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta memeriksa sebagian organ hewan kurban berupa kambing, domba, dan sapi yang telah disembelih oleh panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Agung Al Azhar, Jakarta Selatan.

Kemudian daging-daging dan organ tersebut dipotong-potong sesuai kebutuhan untuk ditimbang.

Setelahnya, daging-daging tersebut dikemas ke dalam plastik kemasan merah untuk daging kambing dan plastik kemasan putih untuk daging sapi.

Setiap satu kantong plastik tersebut diisi sekira satu kilogram daging kurban.

Ketua Panitia Pelaksana Kurban Masjid Agung Al Azhar Muhammad Zainul Arifin menjelaskan pihaknya menggunakan plastik ramah lingkungan yang mudah terurai untuk mengemas daging kurban tersebut sejak dua tahun lalu.

Baca: Terungkap Pekerjaan Suami Tania Nadira, Abdulla Alwi, Hingga Bisa Gelar Prosesi Pernikahan Mewah

Ia menjelaskan, plastik tersebut dibeli dari vendor yang menjual plastik ramah lingkungan tersebut.

"Kita pakai plastik yang ramah lingkungan. Itu sudah dua tahun lalu kita mulai. Bukan, itu kita beli sama vendor," kata Zainul di area Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2019).

Area penimbangan dan pencacahan hewan kurban di Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan pada Minggu (11/8/2019). Tribunnews.com/Gita Irawan
Area penimbangan dan pencacahan hewan kurban di Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan pada Minggu (11/8/2019). Tribunnews.com/Gita Irawan (Tribunnews.com/Gita Irawan)

Terkait dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penggunaan bahan ramah lingkungan misalnya besek bambu untuk kemasan daging kurban, Zainul mengatakan pihaknya mengatakan ada kendala.

Kendala tersebut menurut Zainul adalah belum menemukan vendor yang mampu menyediakan jumlah besek sesuai kebutuhan.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved