Gerindra DKI Minta Penjelasan Anies, Cara Pemprov DKI Cari Untung dari Event Balap Formula E

Gerindra meminta Anies menjelaskan dengan rinci strategi apa yang ia gunakan hingga bisa meraup keuntungan sebesar itu.

Gerindra DKI Minta Penjelasan Anies, Cara Pemprov DKI Cari Untung dari Event Balap Formula E
instagram @aniesbaswedan
Anies Baswedan (tengah) saat bersama Alejandro Agag (kiri) dan juga Alberto Longo di Formula E New York 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyebut penyelenggaraan event balap Formula E diperkirakan akan bisa meraup keuntungan Rp 1,2 triliun.

Namun pernyataan Anies tersebut dipertanyakan oleh anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Dwi Ratna.

Dwi menyampaikannya saat membacakan pandangan Partai Gerindra dalam rapat paripurna DPRD DKI tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD-P) tahun 2019.

Gerindra meminta Anies menjelaskan dengan rinci strategi apa yang ia gunakan hingga bisa meraup keuntungan sebesar itu. Apalagi katanya, dia bakal libatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Kami memohon penjelasan kepada Saudara Gubernur mengenai event tersebut akan mampu menggerakkan perekonomian, apakah telah disiapkan formulasinya untuk melibatkan UMKM yang sebesar-besarnya di wilayah DKI Jakarta?," tanya Dwi di ruang rapat paripurna DPRD DKI, Senin (19/8/2019).

Menjawab pertanyaan tersebut, dalam kesempatan terpisah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa proyeksi keuntungan perhelatan event balap Formula E, datang dari berbagai macam sektor, semisal perhotelan, kuliner, hingga side event dan pre-event.

Baca: Gubernur Lukas Enembe: Kenapa Tak Terjunkan Banser untuk Bela Mahasiswa Papua yang Dipersekusi

Bahkan penyelenggaraan side event dan pre-event Formula E disebut bakal menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang lebih banyak dari sektor lainnya.

Baca: Siapa Pihak yang Dimaksud Kapolri Memobilisasi Massa Saat Rusuh di Kota Manokwari?

"(Keuntungannya) mulai dari perhotelan, kuliner, sampai juga side event. Banyak sekali side event yang dihasilkan, termasuk juga pre event. Kita bisa menyaksikan itu juga dari beberapa tempat lain yang menyelenggarakan kegiatan yang sama," tutur Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (19/8/2019).

Tapi bila dibandingkan, proyeksi keuntungan Formula E yang cuma Rp1,2 triliun, berada di bawah biaya anggaran yang harus dikeluarkan, senilai Rp1,6 triliun.

Baca: Pria Ini Pingsan dan Meninggal Dunia Usai Bertengkar dan Mengejar Pacarnya yang Kabur

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved