Polisi Cari Pemotor yang Serang Pejalan Kaki di Trotoar

"Sudah naik trotoar, hampir serempet anak kecil, diingatkan pejalan kaki malah lakukan penyerangan," tulis akun @jakarta.terkini dalam caption video i

Polisi Cari Pemotor yang Serang Pejalan Kaki di Trotoar
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Warga mengkampanyekan keselamatan pejalan kaki pada acara Jakarta Pedestrian Festival 2012 di Jalan Sabang Jakarta Pusat, Minggu (29/4/2012). Acara ini diadakan untuk memberikan kesadaran kepada semua pengendara bermotor agar tidak menggunakan pedestrian saat berkendara. (TRIBUNNEWSW/HERUDIN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir, memastikan bahwa aksi pengendara sepeda motor yang menyerang pejalan kaki di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, telah melanggar undang-undang lalu lintas.

Dirinya mengatakan peruntukan trotoar adalah untuk pejalan kaki. Saat ini pihaknya sedang mencari sosok pelaku.

"Soal ada pengendara motor di jakpus Itu secara UU lalu lintas melanggar rambu karena penggunaan trotoar itu bukan untuk kendaraan bermotor. Itu bisa kita tindak cuna saya sedang mencari nomor B-nya dan pelakunya," ujar Nasir di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Nasir mengatakan untuk pemukulan yang dilakukan pemotor tersebut masuk ke ranah pidana. Pihaknya hanya menangani aspek pelanggaran lalu lintas.

Baca: Masa Penahanan Berakhir, Kuasa Hukum Minta Ratna Sarumpaet Dibebaskan

"Kalau tentang pemukulannya itu ranah pidana. Apakah itu pemukulan atau perbuatan tidak menyenangkan itu ranah pidana umum," tutur Nasir.

Seperti diketahui, video aksi pemotor melintasi trotoar viral di lini masa setelah diunggah akun Instagram @jakarta.terkini.

"Sudah naik trotoar, hampir serempet anak kecil, diingatkan pejalan kaki malah lakukan penyerangan," tulis akun @jakarta.terkini dalam caption video itu.

Dalam video tersebut, sang pemotor hampir menyerempet seorang anak kecil. Akhirnya wanita yang bersama sang anak memarahi pemotor itu.

Pemotor itu juga sempat menyerang pejalan kaki yang sedang merekam aksi pelanggaran lalu lintasnya.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved