Jadi Arena Kebut-kebutan Mobil, Komunitas Pelari Layangkan Surat ke Pengelola GBK

Beredar video di Twitter yang menggambarkan event kebut-kebutan mobil di dalam arena Gelora Bung Karno (GBK).

Jadi Arena Kebut-kebutan Mobil, Komunitas Pelari Layangkan Surat ke Pengelola GBK
Tribunnews.com/Lucius Genik
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Beredar video di Twitter yang menggambarkan event kebut-kebutan mobil di dalam arena Gelora Bung Karno (GBK).

Video itu menuai respons negatif, terutama dari penggiat olahraga.

Founder Indo Runners Reza Puspo mengaku sudah melihat isi video itu. ”Jujur, saya terganggu. Kami akan siapkan surat ke pengelola GBK untuk menanyakan ada apa ini,” katanya melalui sambungan telepon, Jumat (20/9/2019).

Padahal, sambung Reza, visi dan misi GBK sudah sangat bagus. Di situ tertulis visi GBK untuk menjadi salah satu kawasan olahraga terintegrasi yang moderen, ramah lingkungan, dan unggul di dunia.

”Saat renovasi untuk menjadi venue Asian Games, komunitas olahraga diundang untuk berdiskusi tentang GBK. Ini sangat positif dan misinya melestarikan lingkungan GBK sebagai paru-paru kota, ruang terbuka hijau dan sebagai objek wisata,” papar dia.

Baca: Waspadai Kemacetan Sore Ini, Ada Konvoi Kendaraan Listrik di GBK-Monas, Berikut Rute Alternatif

Makanya, Reza mengaku sangat terganggu dengan adanya kegiatan ‘kebut-kebutan’ di arena GBK.

”Ini melenceng dari misi dan visi kalian. Harusnya dijaga, amankan, dan lestarikan GBK sebagai aset negara. Peruntukannya untuk apa? Itu buat mobil?” tanyanya serius.

Bahkan Reza mengilustrasikan seperti pemotor yang menyerobot hak pejalan kaki di trotoar. Padahal trotoar itu peruntukannya untuk pejalan kaki. 

Selain itu, dia merasa khawatir event otomotif tersebut menjadi preseden buruk ke depan. Artinya, terbuka peluang event serupa akan hadir di GBK.

"Saya takutkan GBK bolehkan ini maka ada kegiatan serupa ke depan. Kita jadi kehilangan tempat hijau untuk berlari. Apa iya GBK buat balapan mobil?” ulangnya lagi.

Reza menilai tak mempermasalahkan pengelola GBK untuk bekerja sama dengan pihak lain untuk tujuan komersial.

Hanya dengan catatan, kerjasama dengan pihak lain itu harus sesuai dengan misi dan visi GBK. ”jangan lupakan event di GBK harus ramah lingkungan,” tegas dia.

Seperti diketahui, beredar video yang dibagikan akun Twitter @hwhardana yang merekam aksi kebut-kebutan mobil di dalam GBK seperti di bawah ini:

Penulis: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved