Usai Sepedaan Velodrome-Balai Kota, Anies Akan Buat Aturan Wajibkan ASN Bersepeda

Anies Baswedan segera menyiapkan regulasi soal kewajiban bersepeda bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov DKI.

Usai Sepedaan Velodrome-Balai Kota, Anies Akan Buat Aturan Wajibkan ASN Bersepeda
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Anies Baswedan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menyiapkan regulasi soal kewajiban bersepeda bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov DKI.

Kata Anies langkah ini perlu diterapkan supaya jadi pemicu bagi masyarakat Jakarta lainnya menjadikan bersepeda sebagai bagian aktivitas sehari-hari.

Namun, aturan ini akan diterapkan secara bertahap sambil terus disosialisasikan. Sehingga lambat laun berubah jadi kebiasaan.

"Kami akan siapkan aturannya secara bertahap supaya bersepeda itu menjadi sesuatu yang dirasakan natural," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Bahkan, setiap peninjauan ke lapangan, jajarannya diminta untuk bersepeda. Selain jadi satu upaya bentuk sosialisasi dari Pemprov DKI, hal ini juga bisa dilihat publik sebagai contoh.

Harapannya, upaya ini bisa menggerakkan publik mengikuti aktivitas bersepeda. 

Baca: Jajal Jalur Khusus Sepeda Fase 1 Balai Kota-Velodrome, Anies Pakai Sepeda Zaman Kuliah Dulu

Sebab jika banyak dari publik mengikuti gaya hidup demikian, maka bukan tidak mungkin kendaraan bermotor di jalan-jalan protokol Ibu Kota akan semakin berkurang.

"Semua kegiatan inspeksi lapangan untuk pemeriksaan jalan itu nanti diatur menggunakan sepeda. Dengan begitu kita akan secara bertahap membuat orang lebih banyak lagi menggunakan sepeda," ungkap Anies.

Para anak-anak pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA pun kini tak perlu khawatir akan keselamatan. Karena, pada jalur-jalur sepeda ini sudah dibuat pembatas berupa cone berkelir oranye yang terhubung tali antara satu sama lain.

"Hari ini banyak anak-anak mau berangkat sekolah tidak diizinkan naik sepeda karena khawatir keselamatan di jalan. Tapi dengan adanya jalur sepeda ini, muda-mudahan nanti kita bisa lebih banyak lagi yang menggunakan sepeda," pungkas dia.

Halaman
12
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved