Catat, Ini Daftar Jalan Tol yang Berpotensi Alami Penyesuaian Tarif di Akhir Tahun

Hingga tutup tahun diprediksi 13 jalan tol akan ada penyesuaian tarif. Adapun penyesuaian harga menyesuaikan inflasi yang terjadi.

Catat, Ini Daftar Jalan Tol yang Berpotensi Alami Penyesuaian Tarif di Akhir Tahun
Alex Suban/Alex Suban
Pembangunan stasiun di jalur Light Rail Transit (LRT) Jabodebek berlangsung di koridor jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) di Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (24/1/2019). Bangunan stasiun ini menggunakan konsep ramah lingkungan dengan material penutup rangka Stasiun LRT menggunakan Sandwich Panel yang merupakan inovasi bahan baku teknologi terbaru yang mengadopsi konsep ?go green? (Warta Kota/Alex Suban) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga tutup tahun diprediksi 13 jalan tol akan ada penyesuaian tarif. Adapun penyesuaian harga menyesuaikan inflasi yang terjadi.

Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan bahwa penyesuaian tarif dilakukan memang berdasarkan perjanjian pengusahaan jalan tol.

"Secara perjanjian pengusahaan ada beberapa ruas yang sudah memang dimungkinkan untuk dinaikkan tarif," ujarnya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (27/9).

Pintu Tol Lampung di Bakauheni Selatan. Tarif Tol Lampung Tahun 2019 serta Harga Tiket Kapal Eksekutif dan Reguler Pelabuhan Merak-Bakauheni. TRIBUN LAMPUNG/DEDI SUTOMO
Pintu Tol Lampung di Bakauheni Selatan. TRIBUN LAMPUNG/DEDI SUTOMO (Tribun Lampung/Dedi Sutomo)

Ia menyebutkan salah satu yang telah mendapatkan tandatangan dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, jalan Tol Jakarta-Tangerang sudah mendapatkannya.

Walalupun begitu, ia juga menyarankan supaya penyesuaian tarif juga mempertimbangkan yang sedang terjadi di masyarakat, yang mana menjadi pesan dari Basuki sendiri.

Pembangunan stasiun di jalur Light Rail Transit (LRT) Jabodebek berlangsung di koridor jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) di Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (24/1/2019). Bangunan stasiun ini menggunakan konsep ramah lingkungan dengan material penutup rangka Stasiun LRT menggunakan Sandwich Panel  yang merupakan inovasi bahan baku teknologi terbaru yang mengadopsi konsep ?go green? (Warta Kota/Alex Suban)
Pembangunan stasiun di jalur Light Rail Transit (LRT) Jabodebek berlangsung di koridor jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) di Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (24/1/2019). Bangunan stasiun ini menggunakan konsep ramah lingkungan dengan material penutup rangka Stasiun LRT menggunakan Sandwich Panel yang merupakan inovasi bahan baku teknologi terbaru yang mengadopsi konsep ?go green? (Warta Kota/Alex Suban) (Alex Suban/Alex Suban)

"Pak Menteri juga berpesan harus lihat situasi di masyarakat ya," ujarnya.

Secara total, tahun ini disebutnya ada 18 ruas tol yang bisa melakukan penyesuaian tarif. Hanya saja, dari 18 ruas tol tersebut sifatnya masih pengajuan.

Adapun 18 ruas tol yang diusulkan tarifnya disesuaikan:

- Tol I ntegrasi Jakarta-tangerang & Tangerang-merak (Cikupa)
- Tangerang (Cikupa)-Merak
- Jagorawi
- Kertosono Mojokerto
- Makassar seksi IV
- Cikampek-Palimanan
- Gempol-Pandaan tahap I
- Surabaya-Mojokerto
- Palimanan-Kanci
- Semarang Seksi A-B-C
- Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT)
- Pondok Aren-Serpong
- Belawan-Medan-Tanjung Morawa
- Ujung Pandang seksi I&II
- Nusa dua-Ngurah Rai-Benoa
- Surabaya- Gempol
- Pasirkoja- Soreang
- Surabaya - Gresik

Baca: Terjaring Razia di Stasiun Rawabuntu, Pelajar: Kami Cuma Mau Plesir ke Jakarta

Baca: Tertahan di Depan JCC, Massa Serikat Buruh Tak Diizinkan Mendekat ke Gedung DPR

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul: Ini daftar jalan tol yang berpotensi alami penyesuaian tarif di akhir tahun

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved