Asal Usul Jembatan Kerang Hijau di Koja, Awalnya Iseng tapi Terkejut dengan Desainnya

Asmarudin, Ketua RT 011, mengatakan jembatan itu dibangun sejak tanggal 14 Agustus 2019 dan konstruksinya selesai pada 14 September 2019 lalu.

Kompas.com
Jembatan Kerang Hijau yang Instagramable di Tugu Selatan 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah jembatan Instagramable dengan desain seperti kerang hijau hadir di RT 011/RW 005 Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara.

Asmarudin, Ketua RT 011, mengatakan jembatan itu dibangun sejak tanggal 14 Agustus 2019 dan konstruksinya selesai pada 14 September 2019 lalu.

Ia lantas menceritakan bagaimana jembatan kampung yang ikonik ini bisa menggantung di atas Kali Bendungan Melayu tersebut.

"Waktu itu awalnya lagi ada perbaikan jalan kampung di dekat sini, ada pekerja dari Sudin Binamarganya. Terus iseng saya minta telepon ke orang kantor Binamarga," kata Asmarudin \ ditemui di kediamannya, Jumat (18/10/2019).

Ia menelepon seseorang dari Sudin Binamarga Jakarta Utara dan meminta adanya pembangunan jembatan di atas kali tersebut lantaran jembatan lama sudah tidak layak pakai.

Permohonan itu dia ajukan pada bulan Maret 2019 lalu. Namun, kata Asmarudin, awalnya ia meminta pembangunan bukan di lokasi jembatan saat ini melainkan tepat di lokasi jembatan yang telah rusak tersebut.

Baca: Jokowi Jadi Nama 5 Tempat Wisata, dari Kampoeng Jokowi sampai Jembatan Jokowi Merapi

Ternyata, permintaan Asmarudin mendapat sambutan baik oleh Sudin Binamarga. Tak beberapa lama kemudian, petugas dari Sudin Binamarga melakukan pengukuran.

Akan tetapi, setelah dilakukan pengukuran, sempat tidak ada kabar dari pihak Sudin Binamarga. Salah seorang warganya malah mengajukan diri untuk membangun jembatan di lokasi tersebut.

"Habis lebaran dibangun (jembatan oleh) warga yang tinggal di situ. Dia takut kecebur anaknya, ya sudah namanya masyarakat mau bantu ya saya kasih," ucap Asmarudin.

Awal Agustus, petugas dari Sudin Binamarga kembali datang ke lokasi tersebut. Mereka terkejut karena lokasi itu sudah ada jembatan baru.

Halaman
12
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved