Anies Sebut Jakarta Sebagai Kota 'Most Improve Public Transport in The World'

Anies mengatakan, jaringan transportasi di Jakarta mulai diintegrasikan dan pada tahun 2017, saat itu, jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta rata-

Anies Sebut Jakarta Sebagai Kota 'Most Improve Public Transport in The World'
Lusius Genik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hotel Bidakara, Grand Pancoran, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta sebagai kota Most Improve Public Transport in The World dengan capaian penurunan tingkat kemacetan yang cukup signifikan.

Anies mengatakan, jaringan transportasi di Jakarta mulai diintegrasikan dan pada tahun 2017, saat itu, jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta rata-rata 340 orang perhari.

Sejak tahun itu, moda transportasi kota Jakarta terus ditingkatkan dan diintegrasikan agar banyak warga Ibu Kota berpindah menggunakan kendaraan umum demi penurunan kemacetan.

Baca: Kadishub DKI: Pergub Skuter Listrik Rampung pada Desember

Hasilnya, pada tahun 2019, dalam dua tahun pengembangan transportasi, tercatat pengguna kendaraan umum di Jakarta meningkat hingga 655 ribu per hari.

"Kita bekerja mengintegrasikan, begitu diintegrasikan semuanya, dengan pindah ke tempat lain, pengguna moda transportasi secara leluasa dalam dua tahun menjadi 655 ribu orang per hari, naik dua kali lipat," kata Anies saat berbicara di Rakornas PKS, Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

"Jadi kalau per tahun dari 145 juta, insya Allah nanti di akhir tahun ini akan meningkat menjadi lebih dari 270 juta penumpang per tahun," tambah Anies.

Baca: Jokowi Tanggapi Polemik Anggaran DKI Jakarta: Jangan Ada Kebijakan yang Dikriminalisasi, Dicari-cari

Mantan Mendikbud itu mengatakan, dampak dari perubahan ini begitu besar dirasakan banyak masyarakat.

Mulai dari biaya transport yang turun, berkurangnya biaya hidup, hingga masyarakat Jakarta yang akhirnya memiliki keleluasaan untuk memanfaatkan uangnya dengan baik sekaligus mendapatkan keleluasaan waktu.

Anies bersyukur di Jakarta tingkat kemacetannya berangsur-angsur menurun dengan berpindahnya 300 ribu orang ke transportasi umum per hari dalam dua tahun ini.

Baca: Anies Baswedan Hadir di Rakornas PKS

"Jakarta itu dulu tingkat kemacetan nomor 4 di dunia, di dunia nomor 4, Alhamdulillah dalam waktu 1 tahun turun jadi nomor 7 di dunia," katanya.

"Insyaallah keluar dari 10 besar. Bukan hanya itu, Alhamdulillah Jakarta tahun ini menjadi satu dari tiga Kota di dunia yang disebut sebagai Kota most improve public transport in the world, kota dengan perbaikan public transport terbaik di dunia," tambah Anies.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved