Kali Pertama, Pertamina Innovation Raih Grand Prize di Ajang Seoul International Invention Fair 2019

Diikuti lebih dari 630 invention dari 25 negara diantaranya Bahrain, Bangladesh, China, Croatia, France, Indonesia, Iran, Korea, Kuwait, Malaysia

Kali Pertama, Pertamina Innovation Raih Grand Prize di Ajang Seoul International Invention Fair 2019
Istimewa
Foto. 

TRIBUNNEWS.COM - Tim Pertamina Innovation (PI) kembali mengikuti kegiatan pameran dan kompetisi Seoul International Invention Fair di Korea Selatan tanggal 27-30 November 2019 di COEX Exhibition Hall.

Kegiatan SIIF 2019 merupakan acara pameran inovasi terbesar di Asia yang di selenggarakan oleh Korea Invention Promotion Association (KIPA) dan Intellectual Property Office (KIPO) yang di dukung oleh Seoul City Government, World Intellectual Property Organization (WIPO) dan International Federation of Inventors Association (IFIA).

Diikuti lebih dari 630 invention dari 25 negara diantaranya Bahrain, Bangladesh, China, Croatia, France, Indonesia, Iran, Korea, Kuwait, Malaysia, Myanmar, Nigeria, Oman, Poland, Portugal, Qatar, Russia, Saudi Arabia, Taiwan, Thailand, Tunisia, Turkey, UAE, UK, USA, Uzbekistan dan Vietnam.

Pertamina Persero mengirimkan 3 tim terbaik, diantaranya Tim Vitamin yang beranggotakan Arii Bowo Yudhaprasetya, Arie Nugroho, Achmad Mohan Sifai, Awang Lazuardi, Benny Nuryadi, menemukan Metode Deteksi dini kavitasi pada pompa dengan menggunakan pemodelan matematis polinomial tingkat tinggi.

Metode deteksi kavitasi dini ini telah di aplikasikan pada pompa sentrifugal untuk mengalirkan minyak bumi dan bisa diaplikasikan juga di seluruh industri yang menggunkan pompa. Tim vitamin sendiri berhasil meraih penghargaan medali emas dan juga special award dari GCC Patent Office serta Korea Chamber of Commerce and Industry.

Kemudian tim yang kedua adalah TPGK (Tempat Piknik Gunung Kidul). Tim TPGK berhasil meraih penghargaan Medali emas, Special Prize IFIA dan juga special award dari Taiwan Invention Association.

Yang terakhir yaitu tim Alpuket dengan anggota Hari Purnomo, Sutomo Guntoro Kasdam, Rolin Sumali Rohadi, Aji Maulana Akbar, Gama Kusuma Prawira Sakti, Indra Perkasa, membuat produk yang dinamakan Alpuket 3.0 dimana alat ini merupakatan alat pendeteksi kebocoran pada jalur uap mobil tangki. 

Peningkatan prestasi tahun ini cukup bagus, dimana tahun ini Pertamina Innovation bisa membawa pulang grand prize untuk pertama kalinya setelah tiga tahun berturut-turut mengikuti ajang SIIF.

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved