Tahun Baru 2020

Sedang Renovasi, Tahun Ini Masjid Istiqlal Tak Bisa Akomodasi Tempat Parkir Jemaat Katedral

Masjid Istiqlal untuk tahun ini tidak bisa menyediakan tempat parkir kendaraan bagi para jemaat yang mengikuti ibadah Misa Natal di Gereja Katedral

Sedang Renovasi, Tahun Ini Masjid Istiqlal Tak Bisa Akomodasi Tempat Parkir Jemaat Katedral
Wartakota/henry lopulalan
VIDIO MAPPING - Umat Kristiani menonton pemutaran video mapping di Gereja Katedral Jakarta, Jalan Katdral, Gambir, JAkarta PusatSabtu (26/10/2019). Acara diadakan dari tanggal 26-28 tersebut dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan akan berlangsung hingga 28 Oktober. (Warta kota/henry lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Masjid Istiqlal untuk tahun ini tidak bisa menyediakan tempat parkir kendaraan bagi para jemaat yang mengikuti ibadah Misa Natal di Gereja Katedral. Hal itu karena Masjid Istiqlal saat ini sedang direnovasi.

"Untuk tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Soalnya tahun ini Istiqlal lagi direnovasi. Jadi saudara kita yang katolik yang ingin ibadah (di Katedral) nggak bisa parkir kendaraan di Istiqlal," kata Kepala Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi, Kamis (19/12/2019).

Kondisi demikian pun sudah ia sampaikan kepada pihak Gereja Katedral pada Oktober kemarin.

Baca: Polda Metro Jaya Pastikan Suara Ledakan di Masjid Istiqlal Bukan Bom

Mereka juga telah diberikan kesempatan melihat secara langsung bagaimana proyek renovasi Masjid Istiqlal yang tak memungkinkan kendaraan untuk parkir.

Kendati begitu, para jemaat Gereja Katedral kata Abu, masih bisa memarkirkan kendaraan mereka di pinggir-pinggir jalan walaupun dengan ruang yang terbatas.

"Nggak bisa masuk ke dalam. Paling pinggir-pinggir jalan, cuma itu terbatas karena takut menganggu orang lewat terus sempit," ucap dia.

Adapun Misa Malam Natal pada Selasa (24/12) depan dibagi dalam tiga waktu berbeda. Pertama pukul 16.30 WIB, 19.30 WIB, dan 22.00 WIB.

Sementara Misa Hari Natal pada Rabu 25 Desember 2019, diawali dengan Misa Pagi pukul 07.00 WIB, Misa Pontifikal pukul 09.00 WIB, Misa Keluarga pukul 11.00 WIB, dan Misa Sore pada 17.00 WIB.

Pihak Masjid Istiqlal mempersilakan kepada para jemaat Gereja Katedral yang mau beristirahat di Masjid terbesar se-Asia Tenggara itu. Mengingat, Misa Hari Natal akan berlangsung selama seharian.

Baca: Sempat Dikira Bom, Koper Mencurigakan di Depan Masjid Istiqlal Ternyata Berisi Pakaian

Selain itu, pihak Masjid Istiqlal juga mempersilakan para jemaat Gereja Katedral untuk mempergunakan kamar mandi tempat ibadah umat muslim itu.

"Natal itu kan ada beberapa kali kebaktian, yang datang duluan mungkin mau ngasoh bisa di Masjid sambil nunggu jam kebaktiannya," tutur Abu.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved