Breaking News:

Banjir di Jakarta

Landasan Pacu Terendam Banjir, Bandara Halim Perdanakusuma Lumpuh

Upaya penutupan bandara itu dikarenakan adanya genangan air di lintasan pesawat atau runway

TRIBUNNEWS.COM/Bian Harnansa
Sejumlah warga dan kendaraan bermotor berusaha melewati genangan air di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat, Rabu (01012020). Hujan lebat berdurasi cukup lama sejak malam pergantian tahun hingga pagi hari, membuat sejumlah jalan raya dan perumahan warga di Jabotabek terendam banjir. (TRIBUNNEWS.COM/Bian Harnansa) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, ditutup untuk sementara waktu pada Rabu (1/1/2020).

Upaya penutupan bandara itu dikarenakan adanya genangan air di lintasan pesawat atau runway. Genangan air itu setinggi 20-30 cm.

"Kami sedang tutup (Bandara Halim Perdanakusuma,-red). Ada air menggenang di tengah runway sampai 20-30 cm," kata Kepala Pusat Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Fajar Adriyanto, kepada Tribunnews.com, Rabu (1/1/2020).

Baca: Selain Jakarta, BNPB Sebut Bekasi Paling Parah Terdampak Banjir, Hampir Seluruh Wilayah Terendam

Dia menjelaskan wilayah Bandara Halim Perdanakusuma diguyur hujan sejak dua hari yang lalu. Aliran hujan dalam jumlah banyak itu tidak mampu ditampung drainase hingga akhirnya memenuhi landasan pacu pesawat.

"Jadi (Bandara,-red) Halim tergenang karena hujan deras. Hujan deras berkali-kali dua hari tidak selesai. Drainase tidak bisa menampung, karena disebelah-sebelahnya juga di sekitar bandara banjir. Jadi itu yang menjadi penyebab," kata dia.

Hingga akhirnya, kata dia, petugas menutup bandara sejak pukul 06.00 WIB. Keputusan itu diambil setelah melihat kondisi landasan pacu pesawat yang tidak memungkinkan untuk dipergunakan.

"Jadi tadi pagi jam 5 itu kami menginspeksi atau memeriksa runway. Ditemukan di sana air menggenang di tengah runway. Sehingga diputuskan oleh komandan lanud halim menutup bandara mulai jam 6 pagi sampai sekarang," kata dia.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved