Makam Berusia Ratusan Tahun Hanyut Terbawa Arus Akibat Longsor di Sawangan

"Total seluruh makam disin ada 33, nah kalau benar ada dua yang hanyut kita lihat sama-sama nanti," katanya

Makam Berusia Ratusan Tahun Hanyut Terbawa Arus Akibat Longsor di Sawangan
TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma
Proses relokasi puluhan makam yang tertimbun longsor di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Tak hanya tertimbun longsoran tebing, dua dari puluhan makam di Kelurahan Pasir Putih, Sawangan Kota Depok, diduga hanyut terbawa arus aliran kali.

“Informasinya sudah ada dua makam yang hanyut," kata Camat Sawangan Herry Restu Gumelar di lokasi kejadian, Kamis (2/1/2020).

Baca: Kritik Ketua DPRD DKI ke Pemprov: Biaya Banjir Diefisiensi Enggak Betul Itu

Diwartakan sebelumnya, siang ini sejak pukul 14.00 WIB petugas gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Depok, Polisi, TNI, serta unsur masyarakat sekitar bahu membahu merelokasi puluhan makam yang tertimbun longsor.

Nantinya, puluhan makam tersebut akan dipindahkan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) milik pemerintah di Kampung Kekupu RW 07, yang juga masih berada di Kelurahan Pasir Putih.

“Kemarin warga mengajukan pada pemerintah melalui pak Lurah untuk direlokasi. Rencananya akan dipindahkan ke TPU milik pemerintah di Kampung Kekupu RW 07, masih di Pasir Putih juga,” tambah Herry.

Sementara itu, Matsari (57) warga yang juga tokoh masyarakat sekitar menjelaskan ada beberapa makam yang berusia ratusan tahun ikut tertimbun longsor.

Baca: Anies Baswedan Imbau Warga DKI Ikut Jadi Donatur Bencana Banjir

“Hampir sebagian malah ini makam yang berusia ratusan tahun disini, sebelum banyak bangunan sudah ada makam itu duluan,” kata Matsari di lokasi yang sama.

Untuk diketahui, longsor tersebut terjadi diakibatkan intensitas hujan yang tinggi dan terus mengguyur Kota Depok beberapa hari belakangan ini.

Penulis: Dwi putra kesuma

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Akibat Longsor di Sawangan Kota Depok, Puluhan Makam Berusia Ratusan Tahun Hilang Terbawa Arus

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved