Banjir di Jakarta

Proyek Tangani Banjir Jakarta, PUPR Lakukan Ini untuk Sungai Ciliwung hingga Sungai Cipinang

Kementerian PUPR bertindak dalam banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya, ini yang dilakukan

Proyek Tangani Banjir Jakarta, PUPR Lakukan Ini untuk Sungai Ciliwung hingga Sungai Cipinang
Warta Kota/Henry Lopulalan
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Komodor Halim Perdana Kusuma, Kampung Makasar, Jakarta Timur, yang tergenang banjir, Rabu (1/1/2020). Tingginya curah hujan membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami kebanjiran. 

TRIBUNNEWS.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) ikut bertindak memberikan penanganan dalam banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Seperti diketahui, hingga kini Kamis (2/1/2020) pun berbagai wilayah masih terdampak genangan banjir akibat hujan deras pada Selasa (31/12/2019).

Banjir mulai mengepung daerah sekitar Jakarta sejak kemarin Rabu (1/1/2020).

Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo,  meninjau beberapa titik banjir di Jakarta dan sekitarnya menggunakan helikopter pada Rabu (1/1/2020).

Seperti keterangan tertulis resmi yang diterima Tribunnews.com dari Kemen PUPR, daerah terdampak terparah banjir di DKI Jakarta berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Krukut, Sungai Ciliwung, Sungai Cakung, dan Sungai Sunter.

1. Penanganan darurat

Penanganan darurat dilakukan bersama pihak terkait, yakni telah difungsikannya pompa, karung pasir, bronjong dan tanki air agar kawasan dan prasarana publik terdampak dapat segera berfungsi kembali.

Kemen PUPR juga menyoroti penyebab lain banjir adalah belum optimalnya pembangunan prasarana pengendalian banjir.

Diketahui, pembangunan tersebut digelar sejak tahun 2017 dan belum dapat dilakukan normalisasi pada keempat sungai karena kendala pembebasan lahan.

Pada keempat sungai tersebut, dilakukan upaya pengendalian banjir sebagai berikut :

Halaman
1234
Penulis: Facundo Chrysnha Pradipha
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved