Banjir di Jakarta

Anies Belum Tetapkan Status Bencana agar Dapat Dana Bantuan, Tito Karnavian: Jakarta Ada Anggaran

Anies Baswedan belum tetapkan status bencana padahal Ridwan Kamil dan Gubenur Banten sudah dapat bantuan dana. Tito Karnavian ungkap fakta ini.

Anies Belum Tetapkan Status Bencana agar Dapat Dana Bantuan, Tito Karnavian: Jakarta Ada Anggaran
Tribunnews.com/Igman Ibrahim
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat meninjau dan memberikan bantuan pasca banjir di perumahan Vila Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belum menetapkan status tanggap darurat bencana untuk banjir di Jakarta yang melanda sejak Rabu (1/1/2020).

Padahal jika Anies Baswedan sudah menetapkan status bencana tersebut, maka daerah terdampak banjir berhak mendapatkan bantuan dana serta bantuan dari pemerintah pusat hingga kementerian terkait.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyebut sebenarnya Jakarta memiliki anggaran yang bisa dikucurkan jika status bencana sudah ditetapkan oleh Anies Baswedan.

Dilansir Tribunnews.com, hal ini diungkapkan Tito Karnavian dalam Breaking News unggahan YouTube KOMPASTV, Jumat (3/1/2020).

Tito Karnavian yang saat itu tengah mengunjungi Kota Bekasi menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan kementeriand an lembaga terkait untuk terjun langsung ke lapangan.

Ia juga menceritakan Jokowi menggelar rapat untuk penanganan bencana banjir itu pada Jumat (3/1/2020) sore.

"Saya kira semua sudah bergerak, sudah ada instruksi dari Bapak Presiden, siang ini juga kita akan rapat, dipimpin langsung oleh Bapak Presiden dengan kementerian terkait," ujar Tito Karnavian.

"Kementerian Sosial, Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Polri, TNI, semua, tapi sekarang sudah jalan," sambungnya.

Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat meninjau dan memberikan bantuan pasca banjir di perumahan Vila Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat meninjau dan memberikan bantuan pasca banjir di perumahan Vila Jatirasa, Bekasi, Jawa Barat (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Tito Karnavian menjelaskan rapat tersebut di antaranya membahas wilayah mana saja yang menjadi prioritas untuk ditangani.

"Cuma mungkin akan dievaluasi, di mana titik-titik yang perlu penguatan-penguatan," kata Tito Karnavian.

Halaman
1234
Penulis: Ifa Nabila
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved