Menteri PUPR: Pak Gubernur Sepertinya Salah Menafsirkan Pernyataan Presiden Soal Penyebab Banjir

Silang pendapat terjadi antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal penyebab banjir di Jakarta.

Menteri PUPR: Pak Gubernur Sepertinya Salah Menafsirkan Pernyataan Presiden Soal Penyebab Banjir
KOMPAS.COM/NURSITA SARI - Dok. Biru Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berselisih pendapat soal penanganan banjir di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan salah menafasirkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penyebab banjir.

"Kalau maksudnya sampah di bandara memang tidak ada. Namun yang sebabkan (banjir), sampah di sungai dekat situ, itu yang dimaksud presiden," ujar Basuki Hadimuljono di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut banjir di Jakarta salah satu penyebabnya adalah prilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Baca: Berbeda Pendapat dengan Anies Baswedan, Basuki Hadimuljono: Saya Tidak Dididik untuk Berdebat

Namun, hal tersebut dibantah Anies Baswedan yang menyebut Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, tetap banjir meski tidak ada sampah.

Sementara terkait silang pendapat dirinya dengan Anies seusai meninjau lokasi banjir melalui udara, beberapa waktu lalu, Basuki membantah, telah berbeda pendapat dengan Anies.

Baca: Beda Pendapat dengan Anies, Menteri Basuki Langsung Gambar Sungai: Saya Tidak Dididik untuk Berdebat

"Tidak ada apa-apa kan, cuma beliau saja mungkin yang mengintepretasikan (berbeda). Buat saya tidak ada masalah," ujar Basuki.

Menurut Basuki, penanganan banjir tidak dapat dilakukan secara sepihak dan harus bersama antar pemerintah pusat serta daerah, meski berbeda penamaan programnya.

"Tidak ada yang beda, cuma kalimatnya. Yaa kalau saya harus kolaborasi, tidak bisa saya sendiri kerja, pak gubernur sendiri kerja. Tidak akan bisa," kata Basuki.

Silang pendapat soal banjir Jakarta

Halaman
123
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved