Breaking News:

Birokrasi Lambat Punya Dampak pada Penurunan Ekonomi Batam

Rian berkomitmen fokus pada program yang bisa berdampak langsung mengurangi beban ekonomi masyarakat, terutama dari lingkup terkecil yakni keluarga.

Rina Ayu/Tribunnews.com
Rian Ernest 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM  - Bakal Calon Wali Kota Batam 2020 dari jalur independen Rian Ernest melihat lambatnya proses perizinan dan birokrasi berdampak langsung pada penurunan ekonomi dan investasi di Kota Batam beberapa tahun terakhir.

"Batam yang terkenal dengan industri dan manufaktur, mengalami perlambatan ekonomi karena minimnya investasi yang masuk. Sistem dan proses yang ada saat ini, tidak mendukung kemudahan dan kecepatan masuknya investor ke sini," kata Rian Ernest kepada wartawan, Senin (6/1/2019).

Sejak dulu, Kota Batam memang sudah ditargetkan menjadi pusat industri dan manufaktur.

Semua infrastruktur pendukung disiapkan untuk menunjang hal tersebut, namun sistem yang dijalankan saat ini tidak sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan.

"Badan perizinannya sudah disiapkan, tapi perizinannya tetap harus menunggu proses dari pejabat yang kadang memakan waktu lama. Ini berarti ada yang salah dengan sistemnya," kata Rian.

Baca: Ini Cara Dukung Calon Independen di Pilwalko Batam

Pembenahan sistem dan birokrasi yang membutuhkan waktu tentu akan terus berpengaruh pada kondisi perekonomian warga Batam yang trennya sedang menurun.

Untuk itu, Rian berkomitmen fokus pada program yang bisa berdampak langsung mengurangi beban ekonomi masyarakat, terutama dari lingkup terkecil yakni keluarga.

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini berkomitmen untuk membebaskan Pajak Bumi Bangunan (PBB) jika nantinya terpilih sebagai orang nomor satu di Batam.

"Dalam kondisi ekonomi saat ini, PBB harusnya bisa digratiskan. Pajak tanah ini bisa kita hilangkan untuk masyarakat dan pendapatan pajak kita dorong dari sektor konsumsi aktif seperti makanan dan hiburan," kata Rian yang pernah terlibat dalam tim perumus Pergub penggratisan PBB saat Ahok menjadi Gubernur DKI.

Beban lainnya yang saat ini dirasakan masyarakat Batam di lingkup terkecil adalah Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO).

Halaman
12
Berita Populer
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved