Posko Sinergi BUMN Peduli Banjir Turunkan Tim Evakuasi ke Bekasi, Salurkan Bantuan Rp 495 Juta

Posko Sinergi BUMN Peduli Bencana Banjir Bekasi diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan bertindak sebagai koordinator adalah Jasa Marga

Posko Sinergi BUMN Peduli Banjir Turunkan Tim Evakuasi ke Bekasi, Salurkan Bantuan Rp 495 Juta
HANDOUT
Penyaluran bantuan oleh Posko Sinergi BUMN Peduli Bencana Banjir untuk warga korban banjir di Bekasi, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak banjir hari pertama, Posko Sinergi BUMN Peduli Bencana Banjir Wilayah Bekasi telah menurunkan tim evakuasi warga korban banjir dan menyalurkan bantuan kebutuhan darurat korban banjir di lebih dari 50 lokasi di wilayah Bekasi.

Posko Sinergi BUMN Peduli Bencana Banjir Bekasi diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan bertindak sebagai koordinator adalah Jasa Marga yang beranggotakan 19 BUMN lainnya yaitu BRI, BTN, Jasa Raharja, KAI, Mandiri, Indofarma, Kimia Farma, Perumnas, Bukit Asam, Jasa Tirta 2, Telkom, PT KBI, PT PP, PLN, BNI, Amarta, Jamkrindo, RNI dan Angkasa Pura 1.

Di luar wilayah Bekasi, Kementerian BUMN juga membangun posko bantuan di wilayah, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Bekasi, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Karawang, dimana di wilayah-wilayah tersebut juga dikepalai oleh satu BUMN sebagai koordinator. BUMN koordinator yang didukung oleh BUMN-BUMN lainnya.

Menempati Posko di Kantor PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) di Jatiasih, Bekasi, Jasa Marga mengkoordinasikan pengumpulan bantuan dari BUMN lainnya serta berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi untuk pendistribusian kepada korban banjir di Bekasi. 

Posko Banjir BUMN
Penyaluran bantuan oleh Posko Sinergi BUMN Peduli Bencana Banjir untuk warga korban banjir di Bekasi, Jawa Barat.

Dua hari pertama bencana banjir melanda (1-2 Januari 2020), Jasa Marga selaku koordinator Posko BUMN Peduli Bencana Banjir Wilayah Bekasi menurunkan 25 orang terlatih dan bersertifikat keahlian di bidang medis dan evakuasi dari beberapa kelompok pegiat alam.

Mereka adalah Jasamarga Pegiat Alam (Jasmapala) Jasa Marga Group dengan menurunkan 2 unit perahu karet untuk evakuasi dan penyediaan makanan untuk korban banjir di Perumahan Duta Indah, Perumahan Bumi Nasio dan Perumahan Villa Nusa Indah untuk mengevakuasi warga.

Sejalan penanganan evakuasi tersebut, Posko BUMN Peduli Bencana Banjir Wilayah Bekasi juga mengumpulkan bantuan darurat untuk korban banjir berupa makanan, air mineral, sembako, selimut, alas tidur, popok bayi, dan lainnya dengan total jumlah yang diidstribusikan hingga saat ini mencapai hingga Rp 495 juta.

Jumlah ini didistribusikan oleh enam tim yang telah dibentuk dan mendistribusikan bantuan di 50 (lima puluh) titik lokasi, diantaranya di Kecamatan Jati Asih, Kecamatan Pondok Gede, Kecamatan Rawa Lumbu, Kecamatan Bantar Gebang, Kecamatan Bekasi Selatan, Kecamatan Mustika Jaya dan sekitar wilayah Bekasi lainnya yang tekena dampak banjir.

Baca: Konsumen Jasa Cuci Kendaraan Meningkat 80 Persen Setelah Banjir Surut

Corporate Secretary Jasa Marga M. Agus Setiawan selalu koordinator Posko BUMN Peduli Bencana Banjir Wilayah Bekasi mengatakan selama cuaca Jadetabek diprediksi masih akan turun hujan, posko ini akan selalu ada untuk warga Bekasi yang membutuhkan.

Baca: Kenapa Banjir di Bekasi Paling Parah? Ini Kata BNPB

“Hingga saat ini kami masih menyalurkan bantuan ke berbagai lokasi yang terdampak banjir di wilayah Bekasi. Walaupun beberapa hari ini curah hujan relatif rendah, kami tetap menyiagakan petugas untuk memberikan bantuan pertama kepada warga khususnya di lokasi yang rawan banjir,” ujar Agus.

Salah satu penerima bantuan di wilayah Jatikramat Bekasi, yang diwakili Ketua RW 04 Rosyid selaku koordinator penyaluran bantuan di wilayah tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh BUMN atas upayanya dalam meringankan beban warga yang terdampak bencana banjir.

“Seluruh bantuan yang kami terima dari BUMN sangat membantu kami dalam menjalankan Posko Darurat dan Dapur Umum di wilayah kami untuk memenuhi kebutuhan para korban banjir," ujar Rosyid.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved