Breaking News:

Virus Corona

Imbas Wabah Corona, 300 Pekerja Kereta Cepat asal China Belum Kembali ke Indonesia

Sekitar 300 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China pekerja PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) belum kembali ke Indonesia

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Bandung-Jakarta ini ditargetkan rampung pada 2021. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 300 orang Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China pekerja PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) belum kembali ke Indonesia. Sebelumnya pegawai tersebut kembali ke China untuk merayakan imlek.

Namun, karena ada perkembangan virus corona membuat pekerja tersebut belum bisa kembali.

"Kita kebijakannya mengikuti pemerintah China. Jadi sampai tanggal 9 Februari kan diliburkan. Artinya di sana kan masih belum ada kepastian seperti apa, kita tunggu saja," ujar Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jumat (31/1).

Baca: Kisah Pasien Virus Corona Berhasil Sembuh, Harus Minum Air Putih 25 Liter per Hari

Baca: Enam WNA China yang Diamankan Imigrasi Kupang Dipastikan Tak Membawa Virus Corona

Chandra bilang akan melihat perkembangan seperti penetapan status darurat global yang dikeluarkan WHO terkait virus korona. Ia bilang tidak ingin membawa penyakit ke Indonesia dengan memaksakan membawa kembali pekerja.

Meski begitu ia memastikan pengerjaan KCIC tidak akan terganggu. Pasalnya tidak seluruh pekerja yang ada pulang secara bersamaan ke China meski menyambut perayaan imlek.

"Kemarin yang pulang memang ada tapi kan tidak semuanya pulang. Termasuk komandan-komandannya kan enggak pulang," terang Chandra.

Selain itu KCIC pun akan menarik pekerja lokal untuk mengisi pos yang kosong tersebut. Sebelumnya KCIC akan melihat lebih dulu posisi apa saja yang kosong.

Total pekerja di KCIC sendiri saat ini mencapai angka 14.000 pekerja. Sementara total pekerja dari China sendiri ada sebanyak 2.000 pekerja.

Sebelumnya terdapat satu pekerja KCIC asal China yang dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Namun, setelah dipastikan negatif dari virus korona, pekerja tersebut dipastikan dapat kembali bekerja.

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul: Karena wabah corona, 300 pekerja kereta cepat asal China belum balik ke Indonesia

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved