Banjir di Jakarta

Warga RW 05 Kebon Pala Harap-harap Cemas, Prediksi Banjir Susulan Bakal Tiba Sampai Malam Nanti

Aput (62), mengatakan warga Kebon Pala bersiap menghadapi debit air kiriman yang diperkirakan tiba di Jakarta sore hari atau malam hari ini

Warga RW 05 Kebon Pala Harap-harap Cemas, Prediksi Banjir Susulan Bakal Tiba Sampai Malam Nanti
TribunJakarta.com/Bima Putra
Permukiman warga RW 05 Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Kamis (20/2/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemukiman warga di RW 05 Kebon Pala, Kelurahan Kampung Melayu kebanjiran, Kamis (20/2/2020) siang.

Ketinggian air sekira 1 meter dan diperkirakan bertambah saat debit air kiriman dari Bogor dan Depok tiba di Jakarta dalam kisaran waktu lebih dari 4 jam.

"Kemungkinan besar masih naik lagi airnya, karena sampai sekarang belum surut sama sekali. Bisa jadi sore atau malam makin naik airnya," kata Aput di Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (20/2/2020).

Perkiraan debit air kiriman tiba di Jakarta sore hari berdasar pada informasi tinggi muka air yang diterima warga.

Sejak pagi mereka mendapat informasi tinggi muka air di Bendungan Katulampa dan Pos Pantau Depok berstatus siaga 3.

"Kalau untuk warga yang sudah lanjut usia dan bayi malah sudah lebih dulu mengungsi. Biar nantinya enggak susah keluar rumah," ujarnya.

Permukiman warga RW 05 Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Kamis (20/2/2020).
Permukiman warga RW 05 Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara yang terdampak banjir luapan Kali Ciliwung, Kamis (20/2/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Aput menuturkan prediksi warga atas lama waktu debit kiriman tiba bisa saja meleset bila sore hari ini Jakarta ikut diguyur hujan deras.

Menurutnya Kali Ciliwung lebih cepat melupakanmu saat wilayah Bogor, Depok, dan Jakarta diguyur hujan secara bersamaan.

"Kalau di Bogor hujan terus di Jakarta juga ya air lebih cepat naik. Tadi saja air mulai naik jam sembilan siang, jam 12 sudah 1 meter tingginya," tuturnya.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, warga RW 05 Kebon Pala sibuk memindahkan kendaraan bermotornya ke lokasi jalan yang lebih tinggi.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved