Siswa Jadi Korban Pedofilia, KPAI Minta Proses Perekrutan Petugas Sekolah Lebih Ketat

Aksi predator seksual Hasan (30) telah memakan korban sedikitnya 21 anak di kawasan Tulungagung.

Siswa Jadi Korban Pedofilia, KPAI Minta Proses Perekrutan Petugas Sekolah Lebih Ketat
Theresia Felisiani
Subdit Siber Bareskrim Polri merilis pengungkapan jaringan komunitas pedofil sesama jenis di media sosial twitter dengan menetapkan satu tersangka inisial PS, seorang penjaga sekolah di Jawa Timur 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak tujuh siswa di Tuban, Jawa Timur menjadi korban pedofilia oleh PS (44) seorang penjaga sekolah dan pelatih pramuka yang kini ditahan di rutan Bareskrim.

Sebelumnya Polda Jatim juga mengungkap pelaku kekerasan seksual pedofil yang menyasar anak di bawah umur.

Aksi predator seksual ini telah memakan korban sedikitnya 21 anak di kawasan Tulungagung.

Baca: Polisi Periksa 7 Saksi Susur Sungai Berujung Maut di Sleman, Pembina Kegiatan Juga Ikut Diperiksa

Baca: Fakta-fakta Ojek Pangkalan Peras Penumpang, Korban Perantau dari Kediri hingga Jeratan Hukum Pelaku

Menyikapi ini ‎anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Margaret Aliyatul Maimunah meminta Kemendikbud untuk memperketat seleksi para tenaga pendidik hingga petugas di sekolah.

"Kami minta ada pengetatan untuk perekrutan guru dan pekerja di sekolah, karena pelaku pedofilia ini bisa siapa saja. Terutama mereka yang punya riwayat sosial menyimpang ini harus diperhatikan melalui assesment," tutur Margaret saat dihubungi Sabtu (22/2/2020).

Melihat aksi tersangka PS yang ditangkap Bareskrim dimana pelaku biasa beraksi di ruang UKS maupun di rumahnya, Margaret mengingatkan setiap sekolah harus memasang CCTV.

Dia tidak menampik semua ruangan di sekolah baik itu laboratorium, ruang ganti pakaian dan perpustakaan berpotensi menjadi tempat kekerasan seksual.

"Kami dorong sekolah pasang CCTV sebagai kontrol dan menghindarkan kekerasan di sekolah‎. Apalagi selama 2019, KPAI mencatat ada 321 laporan masuk ke KPAI terkait kekerasan di sekolah," tambahnya.

Cabuli Siswa Sambil Direkam, Penjaga Sekolah Sebar Video ke Grup Komunitas Pedofil

Subdit Siber Bareskrim Polri terus mengembangkan kasus jaringan komunitas pedofilia di media sosial yang melibatkan satu tersangka yakni PS (44) seorang penjaga sekolah sekaligus pelatih pramuka di Jawa Timur.

Halaman
12
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved