Breaking News:

Virus Corona

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Pastikan Kesiapan Penanganan, Dinkes Berencana Tambah RS Rujukan

Apalagi, salah satu orang yang positif COVID-19 sempat berkegiatan di kawasan Jakarta Selatan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (1/3/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membentuk Tim Tanggap COVID-19 guna mengantispasi penyebaran virus korona di Jakarta pasca telah diterbitkannya Instruksi Gubernur DKI Nomor 16 Tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan COVID-19 atau virus Corona di DKI Jakarta. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta Pemprov DKI sigap menghadapi virus corona atau COVID-19 yang belakangan diidap dua warga Depok, Jawa Barat.

Apalagi, salah satu orang yang positif COVID-19 sempat berkegiatan di kawasan Jakarta Selatan.

Pemprov DKI dalam hal ini Dinas Kesehatan diminta sigap dan bergerak melakukan aksi nyata di lapangan untuk meredam kemungkinan penularan infeksi tersebut kian meluas.

Tapi Prasetio sendiri berharap kasus warga yang positif virus corona tidak lagi ditemukan.

Baca: Cegah Corona, Kementerian PUPR Wajibkan Tamu dan PNS Cek Suhu Badan

"Harus segera ditindaklanjuti. Dinkes turun, semua bergerak. Mudah-mudahan tidak melebar kemana-mana," kata Prasetio saat dikonfirmasi, Selasa (3/3/2020).

Politikus PDIP ini turut meminta kepastian seluruh rumah sakit rujukan maupun RSUD di bawah naungan Pemprov DKI berada dalam kondisi siap.

Sehingga bila kembali ditemui dugaan penyakit tersebut, pihak Dinas Kesehatan bisa segera mengambil langkah penanganan berikutnya.

Baca: Membela Diri Saat Dituduh Penyebar Virus Covid-19, Pelajar Singapura di London Ini Diserang

"RSUD harus siap, kita sudah ada tempatnya. Kalau ada yang kena langsung kita ambil (atasi)," pungkasnya.

Saat ini ada tiga rumah sakit yang menjadi rujukan pasien dengan dugaan infeksi virus corona. Yakni Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, RSPAD, dan RSUP Persahabatan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti merencanakan penambahan RS rujukan di Jakarta. Saat ini pihak Dinkes DKI masih membahasnya bersama pihak Kementerian Kesehatan.

"Kami sedang membahas bersama dengan tim Kemenkes untuk penambahan rumah sakit rujukan," ujar Widyastuti.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved