Virus Corona

Dapat Bantuan APD, RS Persahabatan Pastikan Semua Tenaga Medis Bekerja dengan Aman

Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah memastikan para tenaga medis dapat bekerja dengan aman menangani pasien terkait virus corona.

Dapat Bantuan APD, RS Persahabatan Pastikan Semua Tenaga Medis Bekerja dengan Aman
Tribunnews/JEPRIMA
Suasana RSUP Persahabatan sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan penyakit virus Corona (COVID-19) di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (21/3/2020). Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan mendapatkan pasokan alat pelindung diri (APD), baik dari pemerintah maupun sumbangan berbagai pihak. 

Oleh karenanya, Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah memastikan para tenaga medis dapat bekerja dengan aman menangani pasien terkait virus corona atau Covid-19. 

"Hari ini kami mempunyai APD yang didapat dari pemerintah maupun sumbangan dari berbagai pihak sehingga petugas kami semua dapat bekerja dengan aman," ujar Rita melalui keterangan video yang diterima Tribunnews.com, Senin (23/3/2020).

Baca: Peta Wisma Atlet Kemayoran, Zona Hijau Disemprot Disinfektan, Kuning Wajib Masker dan Merah APD

Rita mengatakan APD sangatlah penting dan diperlukan oleh tenaga medis.

Ia pun mengimbau agar tenaga medis selalu mengenakan APD saat bertugas. 

Pasalnya, kata dia, sudah ada tenaga medis yang meninggal dunia karena terpapar virus corona saat bertugas. 

"Untuk kami yang ada di RS rujukan pasti sudah siap dengan APD lengkap. Maka untuk petugas yang berada di fasilitas kesehatan lainnya mudah-mudahan bisa melindungi dirinya dengan menggunakan APD. Karena kita tidak tahu pasien yang datang berobat ke kita apakah itu ODP ataupun PDP," jelasnya.

Lebih lanjut, Rita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan kepada para tenaga medis, khususnya di RSUP Persahabatan. 

Dukungan yang dimaksud pun tak sekedar APD atau alat kesehatan, namun juga termasuk dukungan moral. 

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua institusi lembaga perorangan, termasuk istana yang telah memberikan dukungan, baik itu peningkatan daya tahan tubuh, APD maupun alat kesehatan," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved