Breaking News:

Virus Corona

‎Pemkot Bekasi Siapkan 150 Tes PCR untuk Pengendara di Check Point Sumber Artha

Tes PCR dilakukan secara acak, selanjutnya identitas dari pengendara akan dicatat.

TRIBUNNEWS/THERESIA FELISIANI
Kegiatan tes polymerase chain reaction atau PCR oleh Pemerintah Kota Bekasi di Check point di Sumber Artha, Kalimalang, Kota Bekasi Selasa (5/5/2020) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan 150 alat tes ‎polymerase chain reaction atau PCR untuk para pengendara yang melintas di check point Sumber Artha, Kalimalang, Kota Bekasi, Selasa (5/5/2020).

"‎Sasaran kami di Sumber Artha ini ada 150 pengendara yang di PCR. Karena ini perbatasan besar, tadi ada dari Jakarta, Bogor bahkan Tangerang yang melintas masuk ke Kota Bekasi,"ucap Penanggung Jawab Pengambilan Sampel PCR, Sardi di Sumber Artha, Kota Bekasi.

Baca: Mengenang Awal Perjalanan Karier Didi Kempot, dari Ngamen Sampai Bisa Keliling Eropa

Sardi menjelaskan hasil sampel dahak dari 150 pengendara ini akan langsung dikirim ke Laboratoriun Dinas Kesehatan Kota Bekasi, hasilnya paling cepat dalam 24 jam sudah bisa diketahui. 

Baca: Check Point Sumber Artha Kalimalang Jadi Lokasi Tes PCR Pemkot Bekasi

Jika hasil sudah keluar, pengendara yang tes PCR nya positif segeta dihubungi untuk menjalani perawatan dan tindakan lebih lanjut.

"Ini selesai semua langsung dikirim ke Laboratorium. Alhamdulilah Kota Bekasi punya Laboratorium sendiri. Nanti yang positif akan dihubungi petugas dari data yang diberikan saat tes," tuturnya. 

Jika yang positif merupakan warga Kota Bekasi, bakal langsung dijemput untuk menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sementara jika yang positif merupakan warga di luat kota Bekasi, petugas tetap menghubungi lalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat.

Untuk diketahui tes PCR ini baru perdana dilakukan Pemkot Bekasi di tempat publik seperti titik check point perbatasan hingga Stasiun Kereta, Selasa (5/5/2020).

Tes ini digadang-gadang menjadi solusi akurat untuk menguji infeksi virus corona. Sebab, rapid test atau tes cepat Covid-19 hanya menguji ada dan tidaknya virus.

Pantauan Tribunnews.com, petugas gabungan TNI, Polri dan Dishub turut membantu petugas Puskesmas Bintara Jaya dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi melakukan tes PCR pada para pengendara yang melintas di Sumber Artha.‎

Tes dilakukan secara acak, selanjutnya identitas dari pengendara akan dicatat. Kemudian petugas mengambil ‎sampel lendir dari hidung dan tenggorokan untuk diuji di Laboratorium Kesehatan Kota Bekasi.

Selain di check point Sumberarta, beberapa titik perbatasan lainnya juga digelar tes PCR seperti diperbatasan Lubang Buaya-Pondok Gede, perbatasan Jembatan Sasak Jarang-Wisma Asri.

Ada juga di perbatasan Jatiwaringin, Stasiun Besar Bekasi dan perbatasan Pabrik Teh Botol Sosro Harapan Indah‎, Kota Bekasi.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved