Breaking News:

Mudik Lebaran 2020

Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Hari Ini Diprediksi Alami Peningkatan

Meski mengalami peningkatan tetapi jumlah kendaraan yang melintas tidak akan melebihi rata-rata lalu lintas normal sebelum PSBB berlaku.

Kompas.com/Kristianto Purnomo
Gerbang tol Merak, Banten, Selasa (21/5/2019). Pekerjaan pelebaran jalan di ruas tol Tangerang - Merak dimulai dari KM 39 hingga KM 51 dan dijadwalkan rampung pada September 2019 merupakan titik Irawan kemacetan saat mudik lebaran. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hari ini Kamis (21/5/2020) diprediksi akan ada lonjakan arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak jelang Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Kami memprediksi akan adanya peningkatan jumlah trafik lalu lintas jelang Lebaran kali ini, yaitu pada 21 Mei 2020," kata Rinaldi Direktur Teknik dan Operasional PT Marga Mandalasakti dalam keterangan tertulis, Rabu (21/5/2020).

PT Marga Mandalasakti merupakan pengelola Tol Tangerang-Merak.

Menurut Rinaldi, meski mengalami peningkatan tetapi jumlah kendaraan yang melintas tidak akan melebihi rata-rata lalu lintas normal sebelum pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlaku.

Baca: Mengenal Istilah Herd Immunity dan New Normal dalam Hadapi Covid-19 Serta Dampaknya

Dia mengatakan, akan banyak transportasi logistik yang mendominasi seiring dengan belum adanya aturan pembatasan kendaraan logistik.

Ia mengatakan, pengelola Tol Tangerang-Merak akan mendukung program larangan mudik dengan mengoptimalisasi posko larangan mudik yang sudah disediakan.

"Pemberlakuan posko larangan mudik bersama Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya di Kilometer 20 Gerbang Tol Cikupa akan tetap beroperasi," ujar dia.

Selain itu, ada 5 posko PSBB di exit Tol Serang Timur dan Barat, juga di Cilegon Timur dan Barat serta Merak.

Protokol Covid-19 juga diterapkan di rest area yang ada di Kiloemeter 43, 68, arah Merak dan kilometer 68, 45 arah Tangerang.

Baca: ASDP kembali Buka Penjualan Tiket di 4 Pelabuhan untuk Truk Logistik

Selain itu, akan ada armada lalu lintas dan petugas medis serta layanan call center yang siaga 24 jam.

Rinaldi memastikan layanan rest area tetap beroperasi normal untuk melayani pengguna jalan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami mengimbau agar pengguna jalan untuk hanya melakukan aktivitas pengisian bahan bakar, ibadah dan atau menggunakan toilet, maupun membeli keperluan dengan metode bawa pulang, serta memperhatikan durasi waktu istirahat,” ujar dia. (Kompas.com/Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Lebaran, Lalu Lintas Tol Tangerang-Merak Diprediksi Meningkat"

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved