Breaking News:

Masih Banyak Warga Tidak Disiplin, Pemprov DKI Akan Evaluasi Aturan Car Free Day di Tengah Pandemi

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin akan mengevaluasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day yang kembali digelar

Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga bersepeda melintasi jalur sepeda yang telah dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (14/6/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga sekarang masih meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) saat akhir pekan di Jakarta. Namun, Pemprov DKI menyiapkan satu jalur khusus untuk sepeda di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin di Jakarta Pusat yang mulai dibuka pada Minggu ini. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin akan mengevaluasi pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day yang kembali digelar Minggu (21/6/2020) pagi.

Alasannya masih didapati warga lanjut usia, tidak disiplin menggunakan masker, hingga orang tua yang membawa anak kecil.

"Nanti kita evaluasi, yang jelas ini baru perdana (CFD) ini. Tentunya semua bidang akan melakukan evaluasi seperti Satpol PP, Dishub, Walikota, dan UMKM," kata Arifin di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu.

Baca: Ada 2 Syarat Utama untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, agar Siap Hadapi New Normal

Arifin mendapati di lapangan, banyak masyarakat yang tidak disiplin mengikuti aturan mengutarakan opininya.

Seperti warga yang beralasan kesulitan bernafas ketika harus menggunakan masker saat sedang berolahraga.

Lalu para orang tua lanjut usia yang menilai dirinya masih memiliki fisik kuat.

"Diminta pakai masker tidak mau karena mereka merasa agak kesulitan kayak gitu memang kondisi dilapangan, karena mereka lari dan bergerak terus, itu yang tidak boleh kita abaikan," ungkapnya.

Baca: Nikahi Angelica Simperler, Rico Hidros Daeng Beri Tahu Keluarga Saphira Indah Pada H-3, Ini Faktanya

"Tetap seperti ini akan kita evaluasi lagi," imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan pihaknya sudah terus mengingatkan kepada para warga untuk mematuhi aturan yang ditetapkan.

Imbauan dilakukan oleh petugas Dishub yang disebar di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, dan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Baca: Peringatan Dini BMKG Senin, 22 Juni 2020: Jabodetabek Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Terhadap situasi dan kondisi yang ditemukan di lapangan, Dishub DKI akan mengevaluasi regulasi yang dibuat, untuk diterpakan pada CFD selanjutnya.

"Ya tentu kita akan coba pikirkan untuk regulasi ke depannya," tutur Syafrin.

Syafrin mengimbau bagi masyarakat lansia, ibu hamil dan anak kecil berusia 9 tahun ke bawah diminta untuk tetap berolahraga di sekitar rumah, atau di dalam rumah.

"Sementara jangan berada dulu di area HBKB untuk menjaga kebugaran silakan di rumah lakukan gerak olahraga secukupnya di dalam rumah," kata dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved