Breaking News:

DKI Raih Hattrick Opini WTP di Audit Laporan Keuangan, Anies: Ini Kado Ultah Terbaik Buat Jakarta!

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan tahun Pemprov DKI adalah kado terbaik tepat di hari ulang tahun Kota Jakarta ke-493.

Alex Suban/Alex Suban
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kiri) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) dan Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo (tengah) meninjau Stasiun Bogor di Jawa Barat, Senin (15/6/2020). Gubernur DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja untuk meninjau kepadatan penumpang di Stasiun Bogor dan penyediaan layanan bus gratis oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor untuk penumpang KRL Commuter Line pada masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Warta Kota/Alex Suban 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan tahun Pemprov DKI adalah kado terbaik tepat di hari ulang tahun Kota Jakarta ke-493.

"Kita sama-sama mendengarkan dari anggota V BPK RI hasil pemeriksaan laporan keuangan yang alhamdulillah menjadi salah satu kado terbaik ultah DKI Jakarta," kata Anies dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2020).

Pencapaian ini sekaligus mengantarkan Pemprov DKI mencetak hattrick atau tiga kali beruntun mendapat opini WTP dari BPK RI sejak tahun 2017 - 2019.

"Opini WTP atas LKPD tahun 2019 ini merupakan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari 2017 - 2019," tegas dia.

Anies mengatakan laporan keuangan Pemprov DKI tahun 2019 disusun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Baca: Pimpin Upacara HUT Jakarta, Gubernur Anies Baswedan Sampaikan Wabah Corona Mulai Terkendali

Laporan keuangan tersebut terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, laporan perubahan sisa anggaran lebih, neraca laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan.

Baca: Doa Anies Baswedan di Hari Ulang Tahun Jokowi: Semoga Sehat Agar Jalankan Amanah

Kata dia, WTP adalah penghargaan tertinggi dari proses peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

"Ini merupakan penghargaan tertinggi atas proses peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Pemprov DKI," katanya.

Dalam kesempatan itu ia turut mengucapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran pimpinan dan anggota DRPD DKI Jakarta yang telah melaksanakan fungsi legislasi, budgeting, control dan pengawasan terhadap keuangan eksekutif.

Baca: Smartphone dari Black Market Masih Bisa Digunakan Meskipun Ada Aturan Blokir IMEI, Ini Alasannya

Baca: Andre Rosiade Usulkan Agar Dipecat, Arief Poyuono: Siapa Dia? Anak Kemarin Sore di Gerindra

"Terima kasih dan apresiasi yang tulus kami sampaikan kepada pimpinan dan anggota dewan untuk melaksanakan fungsi legislasi, budgeting, control dan mendorong transparansi," pungkas dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved