Breaking News:

Wagub Riza Patria: Hewan Kurban yang Dipasarkan di Jakarta Harus Bebas Penyakit

Ahmad Riza Patria menegaskan hewan kurban yang akan disembelih kemudian dipasarkan untuk penerima manfaat harus terjamin jauh dari penyakit.

Reynas Abdila
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria tengah usai meresmikan program Sentra Qurban Terbaik yang diinisiasi lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di RPH PD Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (16/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan hewan kurban yang akan disembelih kemudian dipasarkan untuk penerima manfaat harus terjamin jauh dari penyakit.

Hal itu disampaikan saat kunjungan langsung ke Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (16/7/2020).

Baca: Update Daftar Harga Hewan Kurban Idul Adha 2020: Mulai Sapi, Kambing, hingga Domba

Baca: Wagub DKI Resmikan Program Sentra Qurban Terbaik yang Diinisiasi ACT

"Menjelang tiba Hari Raya Idul Adha 1441 H dan kemudian pemotongan hewan kurban. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus melindungi warganya dari berbagai penyakit hewan yang masuk dan dikonsumsi warga Jakarta. Hewan Kurban yang dipasarkan di Jakarta harus bebas penyakit," ujar Wagub Riza.

Menurutnya, masyarakat Jakarta perlu memahami dan mendapat informasi yang baik terkait penyakit hewan yang dapat membahayakan kesehatan.

"Penyakit yang membahayakan itu di antaranya antraks, cacing hati ,dan virus lainnya. Kita perlu waspada terlebih Idul Adha pada tahun ini masih dalam masih dalam masa Covid-19," ucapnya.

Wagub DKI juga mengajak warga atau pekurban agar memotong hewan kurbannya di rumah pemotongan hewan.

Dia bilang dengan menyembelih hewan kurban di RPH berarti sudah membantu berkontribusi terhadap penanganan penyebaran wabah Covid-19.

"Kami harapkan kegiatan pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan di halaman rumah, tanah kosong, halaman masjid dan lain-lain, juga bisa dilaksanakan di tempat ini," kata Wagub Riza.

Dia menambahkan proses pemotongan hewan kurban di Penggilingan dilaksanakan melalui proses yang higienis yang memperhatikan aspek kesehatan dan kebersihan apalagi saat kondisi Covid-19.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved