Breaking News:

PSBB di Jakarta

Kapolda Metro Jaya Sebut Denda Pelanggar Protokol Kesehatan Berlaku Berlipat Ganda

Bagi yang denda mereka dikenakan Rp 250 ribu itu kalau satu kali. Pelanggaran kalau dua kali akan dikenakan Rp 500 ribu, kalau tiga kali pelanggaran

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga diberi sanksi sosial saat terjaring operasi yustisi protokol kesehatan Covid-19 di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2020). Operasi yustisi ini diselenggarakan sesuai Pergub Nomor 88 Tahun 2020 untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total kembali diterapkan di Ibu Kota. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengatakan sanksi denda pelanggar protokol kesehatan Covid-19 akan berlaku berlipat ganda jika pelaku tercatat terus mengulang kesalahan yang sama.

"Bagi yang denda mereka dikenakan Rp 250 ribu itu kalau satu kali. Pelanggaran kalau dua kali akan dikenakan Rp 500 ribu, kalau tiga kali pelanggaran bisa dikenakan kan Rp 750 ribu dan seterusnya," kata Nana saat meninjau operasi yustisi titik check point di Tugu Tani, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

Nana mengatakan protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat berupa menjaga jarak, tidak berkerumun melebihi 5 orang hingga menggunakan masker. Untuk kendaraan, diminta tak mengangkut penumpang di atas 50 persen dari kapasitas kendaraan.

Kendati demikian, pihaknya juga menyiapkan sanksi lain bagi pelanggar protokol kesehatan.

Di antaranya, sanksi sosial bekerja lingkungan selama 1 jam menggunakan rompi khusus.

"Sanksi sosial mereka selama 1 jam melakukan kerja bersih-bersih dengan menggunakan rompi," jelasnya. 

Dia mengatakan operasi yustisi ini merupakan upaya polri untuk menutup penyebaran Covid-19 di Jakarta yang terus meningkat.

Hal itu pun telah sesuai dengan intruksi Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Virus ini benar adanya, siapa pun dapat tertular oleh virus ini, bahkan sudah banyak korban yang meninggal dunia, oleh karena itu disiplin protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan jadikan itu sebagai sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh masyarakat, selamatkan diri anda, keluarga dan lingkungan dari penyebaran COVID-19 dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," pungkasnya.

Baca: 9.734 Orang Kena Tindak dalam Operasi Yustisi di Jadetabek, Sanksi Denda yang Diterima Rp 88 Juta

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya membentuk 8 titik check point dalam pelaksanaan operasi yustisi untuk menindak para protokol kesehatan Covid-19 selama masa pengetatan PSBB di Jakarta yang telah di mulai hari ini, Senin (14/9/2020).

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved