Breaking News:

Sekda Pemprov DKI Meninggal

Sekjen MUI Terkejut Saefullah Wafat Akibat Covid-19, Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa Saefullah masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin penghormatan terakhir bagi Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta almarhum Saefullah di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/9/2020). Sekda DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia pada hari ini, karena positif terpapar Covid-19. WARTA KOTA/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku terkejut setelah mendengar kabar Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah meninggal dunia karena Covid-19.

Padahal, Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa Saefullah masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

"Jadi masalah Covid-19 ini benar-benar bagaikan gunung es, apalagi tambahan kasus baru Covid-19 dalam beberapa hari ini per hari sekitar 3 ribuan kasus di seluruh Indonesia dan angka kematian akibat covid-19 menembus angka 9.000 jiwa dan di akhir. Ini jelas-jelas sangat menyedihkan hati kita," kata Anwar dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Rabu (16/9/2020).

Oleh karena itu, melihat masih tingginya angka kematian dan angka orang yang  positif terkena kasus Covid-19,

Baca: Anies Baswedan hingga Kemendagri Kenang Sosok Sekda DKI Saefullah, Sebut Pribadi Pekerja Keras

MUI mengimbau seluruh warga masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri.

"Karena kalau tidak, maka jumlah anggota masyarakat yang terkena kasus Covid-19 tentu akan semakin meningkat dan membesar," lanjutnya

Sebagaimana Anwar menyebut, risiko yang paling rendah untuk tertular adalah dengan membiasaka dan melaksanakan tiga hal yaitu sering-sering mencuci tangan, selalu memakai masker terutama bila keluar rumah dan selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

"Maka masing-masing kita secara pribadi untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain  harus bisa membiasakan diri dengan ketiga hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari di  masa Covid-19 ini," katanya

Tak hanya kepada masyarakat, MUI juga mengimbau pemerintah secara serius, masif, dan serentak melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang arti pentingnya memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan yang ada.

"Bisa melalui seluruh stasiun televisi dan radio serta media lainnya, agar tercipta kesadaran yang tinggi dari masyarakat untuk memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Adanya kemampuan pada diri merek untuk  mengimplementasikannya secara baik," katanya.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved