Breaking News:

Antisipasi Banjir di Musim Hujan, Wagub DKI Tinjau Kali Sentiong

Ahmad Riza Patria meninjau Kali Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020) untuk mengantispasi datangnya banjir di Jakarta.

ist
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau Kali Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu (18/10/2020) untuk mengantispasi datangnya banjir di Jakarta.

"Jadi sebagaimana kita ketahui bersama ya Jakarta ini karena luas wilayahnya rendah datarannya jadi ada tiga yang menyebabkan banjir di Jakarta. Pertama banjir lokal ya, kemudian banjir dari hulu ya dari dataran tinggi, dan ketiga banjir dari rob ya dari laut yang pasang," kata Riza di lokasi.

Dalam beberapa bulan ke depan, Riza mengatakan DKI akan menghadapi musim penghujan yang tinggi curahnya. Terlebih, ada fenomena La Nina.

"Kemungkinan Desember jadi dipastikan di akhir tahun ini di awal tahun depan itu terjadi peningkatan debit air atau penambahan air," kata Riza.

Baca juga: PUPR: Wilayah Indonesia Timur Berpotensi Terdampak Fenomena La Nina

Pemprov kini tengah fokus mengeruk 13 sungai dan danau Situ Embung, serta sodetan-sodetan untuk mengantipasi banjir di Jakarta.

"(Kami) mempersiapkan seluruh pompa yang kita miliki, kami perbaiki, evaluasi dan memastikan seluruh petugas jajaran siap. Bahkan, kami menyiapkan program early warning system dan drainase vertikal biopori," katanya. 

Baca juga: Wagub Riza Patria Jawab Kritikan DPRD DKI Soal 3 Tahun Kepemimpinan Anies, dari Banjir - DP 0 Rupiah

Dukungan dari pemerintah pusat, baik Presiden Jokowi,  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, juga diyakini akan mengurangi potensi banjir di Jakatta.

"Alhamdulillah juga dukungan dari Pak menteri PUPR Pak Basuki juga pemerintah pusat presiden membantu menyiapkan dua waduk besar di Ciawi dan di Cimahi. Nanti bulan di tahun 2021 sudah selesai setidaknya bisa mengurangi 11 persen potensi banjir di Jakarta," pungkasnya. 

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved