Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di DKI: 60 Ribu Nakes dan 20 Tokoh Masyarakat Bakal Divaksin

Sebanyak 60 ribu tenaga kesehatan di DKI Jakarta bakal menerima vaksin Covid-19 pada Jumat (15/1/2021).

Tribunnews/JEPRIMA
Petugas medis saat melakukan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta Utara, Selasa (12/1/2021). Simulasi ini untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat calon penerima vaksin dan juga sebagai upaya untuk memastikan kesiapan tenaga medis atau vaksinator saat bertugas. Nantinya vaksin akan disebar di setiap puskesmas dengan kuota setiap harinya sebanyak 60 vaksin, Adapun Badan Pengawas obat dan Makanan telah mengeluarkan izin edar darurat untuk vaksin Covid-19 buatan Sinovac dan menyatakan vaksin tersebut telah lulus uji keamanan dan keampuhan. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 60 ribu tenaga kesehatan di DKI Jakarta bakal menerima vaksin Covid-19 pada Jumat (15/1/2021).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti terkait jumlah penerima vaksin pada tahap pertama vaksinasi Covid-19.

"Kami menyiapkan dulu 60 ribu tenaga kesehatan yang kami berikan suntikan di tahap awal ini," ucapnya, Rabu (13/1/2021).

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, jumlah tenaga kesehatan yang ada di DKI sebenarnya ada 131 ribu orang.

Namun, tak semuanya memenuhi kriteria lantaran tahap pertama vaksinasi ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang belum pernah terpapar Covid-19.

"Teman-teman tenaga kesehatan akan mendapat notifikasi melalui SMS Blast. Nah, kemudian ada proses registrasi ulang dan screening," kata dia.

Dalam proses screening, ada 16 pertanyaan yang harus dijawab oleh para tenaga kesehatan.

Bagi tenaga kesehatan yang pernah terpapar Covid-19 dan memiliki penyakit tertentu yang bisa menurunkan imunitas, maka mereka tidak diprioritaskan mendapat vaksinasi.

"Jadi, ada tahap screening lagi yang akan dilakukan oleh tim vaksinasi yang ada di tempatnya masing-masing," tuturnya.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved