Breaking News:

Curah Hujan Tinggi di Jakarta, Wagub DKI: Kita Bersyukur Bisa Kendalikan Banjir

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur ibu kota tidak mengalami banjir parah seperti pada awal tahun lalu.

TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ditemui di Balaikota, Senin (25/1/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur ibu kota tidak mengalami banjir parah seperti pada awal tahun lalu.

Ia menyebut hal ini merupakan buah dari upaya Pemprov DKI mengendalikan dampak musim hujan yang dilakukan dari jauh - jauh hari. Bahkan pengerjaannya masih terus berlangsung sampai sekarang.

"Alhamdulillah sampai hari ini kita masih bersyukur bisa mengendalikan banjir, yang seharusnya melihat dari debit curah hujan yang tinggi dalam beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir sebagaimana tahun tahun sebelumnya, karena berbagai upaya memberikan hasil yang cukup baik," kata Riza kepada wartawan, Rabu (27/1/2021).

Upaya yang dilakukan Pemprov DKI kata Riza, antara lain membuat kolam olakan air sebagai penampungan air hujan agar tidak menggenangi jalan.

Baca juga: Bangun Kolam Olakan di Kelapa Gading, Wagub DKI: Upaya Kurangi Genangan Air di Jalanan

Pemprov DKI juga menggencarkan kegiatan grebek lumpur alias mengeruk lumpur guna menambah daya tampung air di dalam sungai, waduk, situ atau embung.

Pengerjaan kolam olakan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021).
Pengerjaan kolam olakan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021). (dok. Pemprov DKI)

Selain itu, pengendalian banjir juga dilakukan lewat pembuatan sodetan kali atau sungai. Sehingga bisa mengatur keluar masuknya air agar tidak menggenangi suatu tempat atau pemukiman penduduk.

"Jadi itu beberapa upaya yang berbeda dari sebelumnya. Di samping tentu upaya lainnya yang sudah dilakukan, (seperti) normalisasi, naturalisasi, kemudian menyiapkan pompa stationer, pompa mobile juga kami siapkan di periode ini. Berbagai upaya ini kami lakukan semaksimal mungkin," ucapnya.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved