Breaking News:

Banjir di Jakarta

Gubernur Anies Baswedan sebut Kesehatan Warga jadi Prioritas Utama dalam Penanganan Banjir di DKI

Hal itu diwujudkan dirinya beserta jajaran dengan memberikan pelayanan kesehatan di setiap posko pengungsian.

Tribunnews/Jeprima
Warga menyelamatkan hewan peliharaannya saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin (8/2/2021). Banjir dengan ketinggian 2,5 meter memaksa sejumlah warga mengungsi ke pengungsian sementara. Tercatat 2.491 warga terdampak banjir, 506 di antaranya mengungsi di posko pengungsian. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dalam penanganan banjir yang kali ini sedang terjadi di sebagian besar wilayah Ibu Kota, pihaknya akan memprioritaskan kesehatan warga yang terdampak.

"Jadi prioritas utama adalah menyelamatkan warga, memastikan seluruh warga sehat, bisa kembali ke rumah dalam kondisi yg sehat walafiat," katanya saat mengunjungi posko pengungsian di GOR Bulungan Jakarta Timur, Sabtu (20/2/2021).

Hal itu diwujudkan dirinya beserta jajaran dengan memberikan pelayanan kesehatan di setiap posko pengungsian.

Baca juga: Soal Banjir DKI, Anies: Jangan Sampai Ada Korban Jiwa

Dirinya mencotohkan pelayanan kesehatan yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di GOR Bulungan yang tetap menerapkan jaga jarak fisik, serta ketersediaan sanitasi.

Kondisi para pengungsi terdampak banjir di GOR Bulungan Jakarta Timur
Kondisi para pengungsi terdampak banjir di GOR Bulungan, Sabtu (20/2/2021).

"Seperti di sini, GOR ini diisi masyarakat Bidara Cina banyak berada di sini kemudian disiapkan fasilitas kesehatan, dengan prinsip protokol kesehatan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata Anies pihak Pemprov DKI juga sudah memiliki anggaran yang cukup untuk kebutuhan konsumsi bagi para pengungsi.

Baca juga: Banjir di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan: Dari 200 RT yang Tergenang, 87 RT Telah Surut

Kendati demikian, dirinya tidak merinci berapa biaya yang dikeluarkan pihaknya dalam penanggulangan bencana banjir saat ini.

"Sudah memang disiapkan anggaran yanv cukup serta infrastruktur nya, jadi tidak repot untuk kebutuhan makan, dan tempat istirahat," ungkapnya.

Baca juga: Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Tinjau Lokasi Banjir di Jakarta

Berdasarkan pantauan Tribunnews.com GOR Bulungan, untuk lokasi pengungsian ini pihak pemerintah telah membagi tiga zona.

Zona pertama berada di pintu depan pintu GOR yang diisi anak balita dan lansia, Zona kedua berada di bagian dalam yang diisi warga yang masih sehat, dan Zona ketiga berada di samping kiri GOR yang diisi warga yang sedang sakit.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved