Breaking News:

Gerakan Menanam Pohon Penting untuk Melindungi Sungai

Penanaman pohon dilakukan di pinggiran sungai di empat lokasi di Jakarta Selatan, Di antaranya di Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jagakarsa.

Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike saat ikut serta menanam pohon di wilayah Jakarta Selatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Gerakan penanaman pohon dinilai penting untuk merawat lingkungan dan menjadikan sungai sumber peradaban manusia.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike, mengajak masyarakat untuk turut serta menanam pohon.

Di Jakarta Selatan, ucap Yuke, terdapat empat titik penanaman pohon.

"Di antaranya di Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jagakarsa, dan wilayah Srengseng Sawah," ujar Yuke saat dikonfirmasi, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Tengah Malam, Warga di Jagakarsa Dikagetkan Kemunculan Ular Sanca 3 Meter di Atas Pagar

Menanam pohon, ucap Yuke, bisa mencegah banjir dan membuat udara bersih. Lanjut dia juga penting membangun posko bantuan banjir seperti mendirikan dapur umum.

"Kita langsung bergerak cepat. Kader-kader di bawah siap tanggap dan langsung menyalurkan bantuan-bantuan yang ada," ucap Yuke, yang juga Ketua DPC PDIP Jakarta Selatan.

Hal itu juga, kata dia, sebagai tindak lanjut program yang berkesinambungan sesuai perintah partai untuk melindungi sungai dan habitatnya.

"Menjadikan sungai jalan peradaban dan melindungi sungai serta habitatnya," imbuh Yuke.

Baca juga: Kisah Landi Tinggal di Bantaran Sungai Ciliwung, Selalu Was-was Bila Masuk Bulan Januari

Yuke mengatakan, gerakan penananam pohon ini merupakan bagian dari program besar Cinta Ciliwung Bersih yang diinisasi PDI Perjuangan.

Cinta Ciliwung Bersih pun tindaklanjut dari tema HUT ke-48 PDIP, Januari lalu, dengan bergerak melalui jalan politik hijau.

Yuke menegaskan, kegiatan menanam pohon dan bersih-bersih sungai sekaligus membangun kesadaran masyarakat.

"Kegiatan menanam, merawat, membersihkan dan menata sungai sekaligus memberdayakan warga. Sehingga Satgas yang dibentuk yaitu Satgas Cinta Ciliwung Bersih, betul-betul sesuai harapan," ujar Yuke.

Bersamaan dengan menanam pohon di Kelurahan Jagakarsa, Yuke juga mendampingi Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning dalam kegiatan merawat lingkungan tersebut.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved