Breaking News:

Ada Kamera ETLE, Polisi Lalu Lintas Kini Fokus Atur Lalu Lintas

Polantas ke depannya akan tetap dibutuhkan meski saat ini sudah ada kamera Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE).

Tribunnews/JEPRIMA
Sejumlah kendaraan saat melintas dibawah kamera Close Circuit Television (CCTV) di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan memasang 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021 untuk menerapkan tilang elektronik sesuai rencana Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang akan menghapus tilang oleh petugas. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya memastikan, peran Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke depannya akan tetap dibutuhkan meski saat ini sudah ada kamera Electronik Traffic Law Enforcement (ETLE).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, pihaknya masih akan menurunkan personel Polantas meski hanya sebatas untuk mengatur kelancaran lalu lintas.

Hal tersebut kata Sambodo, didasari mandat dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang dalam masa kepemimpinannya menerapkan digitalisasi untuk menindak para pelanggar.

Baca juga: Dirlantas Sebut Penerapan ETLE Mampu Tekan Angka Pelanggaran Lalu Lintas di Jakarta Hingga 64 Persen

"Hanya dengan adanya ETLE ini membantu Polantas, sehingga anggota yang bekerja di jalan sesuai dengan kebijakan Kapolri mereka hanya fokus mengatur lalu lintas," kata Sambodo kepada wartawan, Rabu (24/3/2021).

Hal tersebut dikarenakan seluruh penindakkan pelanggar lalu lintas nantinya akan direkam kamera ETLE.

Pemberlakuan ini tidak hanya berlaku untuk pengguna di jalan protokol, melainkan juga untuk para pengguna kendaraan di jalan tol.

Baca juga: Apa Itu Tilang Elektronik? Simak Mekanisme Tilang Menggunakan Metode ETLE

"Karena pelanggaran lalu lintas sudah ditindak menggunakan ETLE. Termasuk misalnya anggota PJR yang di jalan tol dengan menggunakan body cam (ETLE mobile) untuk penindakan bahu jalan," ungkap dia.

Penindakkan dengan menggunakan kamera ETLE juga diyakini akan mengurangi tingkat kemacetan di kota besar, khususnya DKI Jakarta.

Alasannya kata Sambodo, aparat kepolisian tidak perlu lagi memberhentikan kendaraan disaat pihaknya melihat ada pelanggaran yang dilakukan.

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved