Breaking News:

Ramadan, Kapolda Metro Jaya Ajak Anggotanya Sedekah: Sisihkan Uang Seribu Perhari

Perbanyak amalan di bulan Ramadan, Kapolda Metro ajak anggotanya sisihkan uang ke celengan Ramadan yang tersebar di lingkungan Polda Metro Jaya.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran saat mengumumkan kegiatan Ramadan Barokah di Polda Metro Jaya, Kamis (8/4/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengajak seluruh anggotanya senantiasa melakukan kebaikan dan mengumpulkan amalan di bulan Ramadan.

"Ada satu malam yang lebih mulia di mana kita bisa dapat 1000 bulan, saya ingin ajak semua anggota PMJ yang muslim mari berlomba perbanyak amal," katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (8/4/2021).

Fadil mengatakan, kegiatan yang dicanangkannya itu dinamakan Ramadan Barokah.

Baca juga: Polres Pelabuhan Tanjung Priok Sita 959 Botol Miras dan 100 Knalpot Bising 

Nantinya para personel kepolisian kata Fadil, diharapkan menyisihkan uang sakunya paling sedikit Rp 1000 ke dalam wadah bernama celengan Ramadan yang diletakan di sekitar area Polda Metro Jaya.

Dirinya menyebut, uang dari hasil amal para personel Polda Metro Jaya itu akan didonasikan untuk membeli makanan santap sahur dan berbuka bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Nanti akan diberikan ke pengusaha warteg atau restoran untuk dimasak dan dijadikan sebagain makanan sahur dan takjil buka puasa," tuturnya.

Baca juga: Ketua RT Gagalkan Perampokan Kelompok Pemuda Bersenjata Api di Ciputat, 2 Warga Kena Tembak 

Fadil mengatakan, jika setiap anggota kepolisian bisa menyisihkan uang saku sesuai dengan angka minimal perhari, maka dalam satu bulan, pihaknya bisa menyalurkan bantuan makan kepada 400 ribu orang yang kurang beruntung.

Pasalnya kata Fadil, jika dihitung dari keseluruhan jumlah anggota kepolisian di Polda Metro Jaya setidaknya 30 ribu personel, maka dalam waktu satu hari bisa terkumpul sebanyak Rp 30 juta serta Rp 900 juta selama satu bulan.

"Itu (uang) kalau dijadikan nasi bungkus dan takjil dengan indeks Rp 25 ribu perbungkus, bisa buat 400 ribu orang," ucapnya.

Tak hanya itu, kegiatan Ramadan Barokah ini juga diyakini dapat membantu para penggiat usaha makanan yang selama ini terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Bayangkan betapa besar pahalanya yang didapatkan jika menyisikan uang untuk kasih buka puasa ke orang lain. Pahalanya dapat, usaha yang tadinya tutup bisa kembali buka," lanjutnya.

Baca juga: Polda Metro Jaya Tegaskan Tidak Ada Kegiatan Sahur on The Road pada Ramadan Tahun ini

Fadil menyebut, kegiatan Ramadan Barokah ini bukan hanya digiatkan di Polda Metro Jaya, akan tetapi juga di seluruh wilayah hukumnya.

Hal tersebut sebagai upaya membentuk tradisi baru untuk saling memberikan kasih sayang dan tolong menolong.

"Ini akan serentak dilaksanakan oleh seluruh Polres, doakan kami semakin tulus mengayomi masyarakat," tukasnya.

Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved